Nofianti, Rosa (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO PASS FM CILEGON DALAM MENDAPATKAN IKLAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Rosa Nofianti - KOM 2016)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO PASS FM CILEGON DALAM MENDAPATKAN IKLAN - Copy.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Rosa Nofianti. 6662103395. Strategi komunikasi Pemasaran Radio Pass FM Cilegon dalam Mendapatkan Iklan. Radio Pass FM merupakan salah satu radio swasta niaga di Kota Cilegon. Dari total 9 radio yang ada di Cilegon, Pass FM harus berkompetisi dengan 8 radio lainnya dengan berbagai cara untuk mendapatkan pendengar sebanyak-banyaknya. Persaingan dalam mendapatkan pendengar ini dilakukan oleh radio Pass FM untuk dapat meyakinkan para pemasang iklan di radio Pass FM tersebut bahwa produk atau jasa mereka dapat menarik perhatian banyak orang. Sehubungan dengan Pass FM merupakan Radio swasta niaga, maka sumber anggaran operasional untuk siaran berasal dari kerjasama antara Pass FM dengan perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produk perusahaan kepada khalayak melalui perencanaan periklanan dan perencanaan pemasaran yang dibuat berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak radio Pass FM dengan pengiklan dari perusahan yang bekerjasama. melalui iklan di Radio. PASS MEDIA, PT. Radio Pariwara Angkasa Selaras Suara (PT. Radio PASS) adalah induk perusahaan tempat bernaungnya Radio Pass FM Cilegon untuk siaran. Pass FM beroperasi pada frekuensi 105,2 FM Cilegon dengan kekuatan pemancar 3000 watt serta jangkauan siar radius hingga 50 km. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio Pass FM dalam mendapatkan iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi, uji Reliabiltas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam medapatkan pengiklan. Radio Pass FM Cilegon menggunakan teoriIntegrated Marketing Communication (IMC), terbagi 4 bagian, yakni, Iklan, Penjualan Perorangan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat, selanjutnya model threeways strategy, yakni Pull strategy adalah upayastrategi menarik pengiklan agar memakai produk atau jasa yang dikeluarkan sehingga perolehan dalam pemasaran dapat meningkat. Push Strategy (strategi mendorong) adalah upaya untuk merangsang pemakaian jasa dan memberikan nilai tambah atau kepuasan bagi pelanggan setia yang telah memakai jasa radio.Pass strategy adalah upaya untuk mempegaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan, serta upaya perluasan pemasaran .Penelitian ini menemukan bahwa radio Pass FM Cilegon menggunakan pull strategy dengan cara Mengirimkan Company Profile, memperluas link menerangkan keuntungan beriklan di radio Pass FM, mengajukan penawaran rate harga kepada pengiklan atau calon pegiklan. Push strategy dengan cara menjelaskan mekanisme kerjasama yang mudah, menerangkan penawaran program iklan sesuai dengan biaya yeng dimiliki pegiklan, memberikan potongan harga sesuai kesepakatan bersama, negosiasi harga. Dan yang trakhir adalah Pass Strategy dengan cara Menjaga hubungan baik dengan pengiklan dan masyarakat Memberikan service dan pelayanan terbaik, seperti : revisi iklan, pembuatan iklan, dan lain-lain Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Radio Pass FM Cilegon, iklan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Rosa Nofianti. 6662103395. Strategi komunikasi Pemasaran Radio Pass FM Cilegon dalam Mendapatkan Iklan. Radio Pass FM merupakan salah satu radio swasta niaga di Kota Cilegon. Dari total 9 radio yang ada di Cilegon, Pass FM harus berkompetisi dengan 8 radio lainnya dengan berbagai cara untuk mendapatkan pendengar sebanyak-banyaknya. Persaingan dalam mendapatkan pendengar ini dilakukan oleh radio Pass FM untuk dapat meyakinkan para pemasang iklan di radio Pass FM tersebut bahwa produk atau jasa mereka dapat menarik perhatian banyak orang. Sehubungan dengan Pass FM merupakan Radio swasta niaga, maka sumber anggaran operasional untuk siaran berasal dari kerjasama antara Pass FM dengan perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produk perusahaan kepada khalayak melalui perencanaan periklanan dan perencanaan pemasaran yang dibuat berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak radio Pass FM dengan pengiklan dari perusahan yang bekerjasama. melalui iklan di Radio. PASS MEDIA, PT. Radio Pariwara Angkasa Selaras Suara (PT. Radio PASS) adalah induk perusahaan tempat bernaungnya Radio Pass FM Cilegon untuk siaran. Pass FM beroperasi pada frekuensi 105,2 FM Cilegon dengan kekuatan pemancar 3000 watt serta jangkauan siar radius hingga 50 km. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio Pass FM dalam mendapatkan iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi, uji Reliabiltas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam medapatkan pengiklan. Radio Pass FM Cilegon menggunakan teoriIntegrated Marketing Communication (IMC), terbagi 4 bagian, yakni, Iklan, Penjualan Perorangan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat, selanjutnya model threeways strategy, yakni Pull strategy adalah upayastrategi menarik pengiklan agar memakai produk atau jasa yang dikeluarkan sehingga perolehan dalam pemasaran dapat meningkat. Push Strategy (strategi mendorong) adalah upaya untuk merangsang pemakaian jasa dan memberikan nilai tambah atau kepuasan bagi pelanggan setia yang telah memakai jasa radio.Pass strategy adalah upaya untuk mempegaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan, serta upaya perluasan pemasaran .Penelitian ini menemukan bahwa radio Pass FM Cilegon menggunakan pull strategy dengan cara Mengirimkan Company Profile, memperluas link menerangkan keuntungan beriklan di radio Pass FM, mengajukan penawaran rate harga kepada pengiklan atau calon pegiklan. Push strategy dengan cara menjelaskan mekanisme kerjasama yang mudah, menerangkan penawaran program iklan sesuai dengan biaya yeng dimiliki pegiklan, memberikan potongan harga sesuai kesepakatan bersama, negosiasi harga. Dan yang trakhir adalah Pass Strategy dengan cara Menjaga hubungan baik dengan pengiklan dan masyarakat Memberikan service dan pelayanan terbaik, seperti : revisi iklan, pembuatan iklan, dan lain-lain Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Radio Pass FM Cilegon, iklan. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Radio Pass FM Cilegon, iklan. Strategic Marketing Communications , Radio Cilegon Pass FM ,advertising | |||||||||
Subjects: | Communication > Public Relations Science Communication > Communication (General) |
|||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2016 01:43 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2022 10:09 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |