Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU “IMPULSIVE BUYING” DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA)

Shidiq, Asep Permana (2025) PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU “IMPULSIVE BUYING” DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA). S1 thesis, University of Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
Asep Permana Shidiq_6662200208_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Asep Permana Shidiq. NIM 6662200208. SKRIPSI. Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Impulsive Buying di kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Pembimbing : Dr. Neka Firtiyah, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku Impulsive Buying di kalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Untirta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aplikasi marketplace Shopee yang menawarkan fitur Shopee Paylater dimana fitur tersebut dapat memfasilitasi pembelian mahasiswa tanpa harus membayar di awal yang dapat memicu terjadinya perilaku Impulsive Buying. Dalam penelitian ini menggunakan teori Perilaku Konsumen. Metode peneltian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Untirta angkatan 2020, 2021 dan 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear dengan menggunakan bantuan IBM SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai R Square 0,547. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel Penggunaan Shopee Paylater berpengaruh sebesar 54,7% terhadap variabel Perilaku Impulsive Buying (Y), kemudian untuk 45,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti padauji penelitian ini. Kemudian dari hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung (10,876) > t_tabel (1,660) dan nilai signifikansi (0,001) < alpha (0,05) maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung memiliki kebiasaan impulsive buying setelah di fasilitasi oleh Shopee Paylater, artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Impulsive Buying di kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Kata Kunci: Marketing Communication, Perilaku Konsumen, Impulsive Buying, Communication Studies, Shopee Paylater, Shopee

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFITRIYAH, NEKA197708112005012003
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Asep Permana Shidiq
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:40
Last Modified: 18 Jun 2025 02:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/49495

Actions (login required)

View Item View Item