Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TAYANGAN UNTUK ANAK (Survei Pada Orangtua Di Perumahan Sari Bumi Indah RW 018 Tangerang-Banten)

Febriana, Laras Pandu and Ahmad, Ikhsan and Fitriyah, Neka (2016) PERAN ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TAYANGAN UNTUK ANAK (Survei Pada Orangtua Di Perumahan Sari Bumi Indah RW 018 Tangerang-Banten). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Laras Pandu Febriana - KOM 2016)
PERAN ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TAYANGAN UNTUK ANAK - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Laras Pandu Febriana, NIM 6662110365. Skripsi. Peran Orangtua Terhadap Keputusan Memilih Tayangan Untuk Anak Survei Pada Orangtua Di Perumahan Sari Bumi Indah RW 018 Tangerang. Pembimbing I: Ikhsan Ahmad, S.IP., dan Pembimbing II: Neka Fitriyah, S.Sos., M.Si. Penonton anak sangat rentan dan beresiko dalam menyerap apa yang ditayangkan televisi, sehingga perlu pendampingan dari orangtua yang paham akan efek dari televisi dalam bentuk komunikasi antarpribadi orangtua dan anak. Hasil studi Iriantara (2006:217) menunjukkan beberapa kekhawatiran warga masyarakat terhadap dampak televisi, yang muncul dari adanya pengalaman mengonsumsi isi media massa oleh orangtua. Pengalaman itu dapat menjadi landasan untuk mengembangkan kemampuan literasi media orangtua terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran orangtua dalam keputusan memilih tayangan untuk anak dan seberapa besar pengaruh tayangan pilihan orangtua terhadap anak. Penelitian ini bertitik tolak dari Teori Peranan dari Biddle & Thomas. Teori ini menelaah bahwa seorang aktor harus bermain sebagai seorang tokoh tertentu dan dalam posisinya sebagai tokoh itu dia diharapkan untuk berperilaku secara tertentu, hal ini kemudian dianalogikan dengan posisi seseorang dalam masyarakat. Dengan teori pendukung Uses and Gratifications dari Blumer dan Elihu Katz yang menelaah bahwa pengguna media memainkan peran aktif dalam memilih dan menggunakan media untuk memuaskan kebutuhannya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 75 orang responden. Penelitian menunjukkan nilai yang didapat sebesar 5,081 lebih besar dibanding nilai 1,993, hal ini menyatakan jika diterima bahwa terdapat pengaruh antara peran orangtua terhadap keputusan memilih tayangan untuk anak dengan nilai korelasi 0,511 yang berarti hubungan antar kedua variabel sedang, dengan nilai koefisien determinasi yang menandakan sebesar 26,11% variabel keputusan memilih tayangan untuk anak adalah kontribusi dari variabel peran orangtua. Kata kunci : Televisi, Komunikasi Antarpribadi, Anak, Peran Orangtua, Tayangan, Teori Peran, Teori Uses and Gratifications

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Laras Pandu Febriana, NIM 6662110365. Thesis. Parent Roles Against The Decision of Choosing a TV Show for Children in Perumahan Sari Bumi Indah RW 018 Tangerang. Advisor I: Ikhsan Ahmad, S.IP., and Advisor II: Neka Fitriyah, S.Sos., M.Si. Audience, especially the children, are very vulnerable to absorb everything that seen in television, so that they need guidance from parents who knows and understand the effects of television in the form of interpersonal communication between parents and children. The results of the study of Iriantara (2006:217) shows some of the concerns of the citizens against the impact of television, which arose from the experience of consuming the contents of mass media by the parent. That experience can become the basic for developing the capabilities of the media literacy of parents towards the child. The purpose of this study was to determine how much the role of parents when choosing a show that suitable for children and how much that decision affect the children. However this research was inspired by The Role Theory from Biddle and Thomas. In Role Theory, the actor should play as particular character and expected to behave in a certain manner, which is can be associated with someone’s position in society. By using the supporting theory of Uses and Gratifications Theory from Blummer and Elihu Katz, it examines that the audience in visual media play an active role in selecting and using the media to satisfy their needs. The approach in this research is quantitative and the method that used in this study is survey method with data that distributed to 75 respondents. This research than shows that the value obtained for 5.801 greater than the value of 0,511—which means the relationship between the variables were moderate, with the coefficient of determination indicated by 26,11% decision variables for children is the contribution of the variabel role of parents. Keywords: Television, Interpersonal Communication, Children, Parent Role, Show, Role Theory, Uses and Gratifications Theory.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:45
Last Modified: 19 Jul 2016 03:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item