Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR Penelitian mengenai pemanfaatan media TIK dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada Abad 21 di SDIT Mumtaz Al-Bantani Kota Cilegon

AVIANA, DINA (2024) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR Penelitian mengenai pemanfaatan media TIK dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada Abad 21 di SDIT Mumtaz Al-Bantani Kota Cilegon. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
DINA AVIANA_2227190092_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DINA AVIANA_2227190092_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

21st century learning is learning that prepares the next generation to become a generation that has 21st century skills. In the 21st century learning process, information and communication technology is a tool or media in an effort to achieve a learning process that prioritizes the ability of 21st century skills that must be possessed by students. Education and learning paths are one of the provisions to grow these skills, including through implementation ICT learning media. This study aims to determine the use of information and communication technology media in learning activities, constraints in the process of utilizing information and communication technology media in learning activities, and the results of 21st century skills of students after implementing ICT-based learning media. This research uses a qualitative approach descriptive method where the data collection uses data in the form of words, and images. The resource persons in the study amounted to 19 people consisting of 1 school principal, 2 grade IV teachers and 16 grade IV students of SDIT Mumtaz Al-Bantani. From the results of the study shows that learning activities with ICT-based learning media carried out, the use of ICT media as a learning medium used to improve 21st century skills can be used properly.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNURHASANAH, ANA197410182006042009
Thesis advisorADYA PRIBADI, REKSA198703132024211020
Additional Information: Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi penerus menjadi generasi yang memiliki kemampuan kecakapan abad 21. Dalam proses pembelajaran abad 21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu atau media dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Jalur pendidikan dan pembelajaran merupakan salah satu bekal untuk menumbuhkan keterampilan ini, diantaranya melalui implementasi media pembelajaran TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran, kendala dalam proses pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran, dan hasil keterampilan abad 21 peserta didik setelah diimplementasikan media pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Narasumber pada penelitian berjumlah 19 orang yang terdiri 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru kelas IV dan 16 orang peserta didik Kelas IV SDIT Mumtaz Al-Bantani. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis TIK yang dilakukan, pemanfaatan media TIK sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 dapat digunakan dengan baik.
Uncontrolled Keywords: 21st century skills, ICT media Keterampilan Abad 21, Media TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MS DINA AVIANA AGUS
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:16
Last Modified: 24 Feb 2025 08:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/47020

Actions (login required)

View Item View Item