SHOFI, IKROMI (2025) PERANCANGAN POLUTAN FILTER PADA EXHAUST KENDARAAN BERMOTOR. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_01.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_02.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_03.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_05.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
IKROMI SHOFI_3331210086_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Kekhawatiran terhadap meningkatnya tingkat polusi udara, terutama di perkotaan yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi. Kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber utama emisi polutan, seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), dan partikel halus yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Pembuatan alat pengurangan polusi pada kendaraan bermotor diharapkan dapat membantu menekan emisi polutan secara signifikan tanpa mempengaruhi kinerja kendaraan. Alat ini dapat berupa filter atau konverter yang mampu menangkap atau mengurai zat-zat berbahaya sebelum dilepaskan ke atmosfer, serta diharapkan memiliki efisiensi tinggi, mudah dipasang, dan ekonomis. Filter dam body alat merupakan bagian yang berada didalam alat untuk menyaring polutan hasil pembakaran pada kendaraaan bermotor dan sebagai tempat filter dan komponen lainnya. Maka dibutuhkan sebuah filter dan bodi alat yang dapat memenuhi kebutuhan, caranya menggunakan metode Pahl dan Beitz dengan QFD. Didapatkan varian terbaik yaitu bentuk bodi yaitu Tabung dengan filter berbahan PTFE (Polytetrafluoroethylene) dan jenis lubang sekat berbentuk Bulat. Material bodi alat terbuat dari AISI Type 304 Stainless Steel. Dimensi bodi alat didapatkan menyesuaikan bentuk filter yaitu panjang 227,26 mm, diameter inlet 50 mm dan diameter outlet 76 mm. Nilai. Hasil simulasi aliran fluida didapatkan nilai Kecepatan tertinggi 90,2 m/s kemudian nilai pressure tertinggi yaitu sebesar 104987 Pa di pressure awal sebesar 101325 Pa Kemudian simulasi statis akibat aliran fluida dan temperatur fluida gas 251 ℃ didapatkan nilai tegangan maksimal von mises sebesar 167,5 MPa, Nilai tersbut masih di bawah nilai yield strength dari material AISI Type 304 Stainless Steel yaitu sebesar 215 Mpa. Nilai back preassure inlet sebesar 3172 Pa. Pada alat nilai back preassure meningkat, dimana nilai back preassure maksimal yaitu sebesar 3496,95 Pa. Batas nilai back pressure yang di izinkan yaitu sebesar 6894,76 Pa atau sekitar 1 Psi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kekhawatiran terhadap meningkatnya tingkat polusi udara, terutama di perkotaan yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi. Kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber utama emisi polutan, seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), dan partikel halus yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Pembuatan alat pengurangan polusi pada kendaraan bermotor diharapkan dapat membantu menekan emisi polutan secara signifikan tanpa mempengaruhi kinerja kendaraan. Alat ini dapat berupa filter atau konverter yang mampu menangkap atau mengurai zat-zat berbahaya sebelum dilepaskan ke atmosfer, serta diharapkan memiliki efisiensi tinggi, mudah dipasang, dan ekonomis. Filter dam body alat merupakan bagian yang berada didalam alat untuk menyaring polutan hasil pembakaran pada kendaraaan bermotor dan sebagai tempat filter dan komponen lainnya. Maka dibutuhkan sebuah filter dan bodi alat yang dapat memenuhi kebutuhan, caranya menggunakan metode Pahl dan Beitz dengan QFD. Didapatkan varian terbaik yaitu bentuk bodi yaitu Tabung dengan filter berbahan PTFE (Polytetrafluoroethylene) dan jenis lubang sekat berbentuk Bulat. Material bodi alat terbuat dari AISI Type 304 Stainless Steel. Dimensi bodi alat didapatkan menyesuaikan bentuk filter yaitu panjang 227,26 mm, diameter inlet 50 mm dan diameter outlet 76 mm. Nilai. Hasil simulasi aliran fluida didapatkan nilai Kecepatan tertinggi 90,2 m/s kemudian nilai pressure tertinggi yaitu sebesar 104987 Pa di pressure awal sebesar 101325 Pa Kemudian simulasi statis akibat aliran fluida dan temperatur fluida gas 251 ℃ didapatkan nilai tegangan maksimal von mises sebesar 167,5 MPa, Nilai tersbut masih di bawah nilai yield strength dari material AISI Type 304 Stainless Steel yaitu sebesar 215 Mpa. Nilai back preassure inlet sebesar 3172 Pa. Pada alat nilai back preassure meningkat, dimana nilai back preassure maksimal yaitu sebesar 3496,95 Pa. Batas nilai back pressure yang di izinkan yaitu sebesar 6894,76 Pa atau sekitar 1 Psi. | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TS Manufactures |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Ikromi Shofi S | |||||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:37 | |||||||||
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/46902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |