RAUDHOTUN NISA, CAHYA (2018) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUNCHEMS TERHADAP KREATIVITAS ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUNCHEMS TERHADAP KREATIVITAS ANAK.PDF Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Creativity is the ability of someone to create something new either in the form of ideas or real works that have never existed before or which are then created into new things and can be applied in solving problems. This study aims to determine the influence of bunch bunch educational tools on the creativity of children aged 5-6 years. The study was conducted in group B RA Cahaya Al-Hidayah Kadulawang-Pandeglang. The method used in this study is quasi-experimental research with nonequivalent control groups design with a sample of 24 children. Group B1 with a sample of 12 children as the experimental class and group B2 with a sample of 12 children as the control class. The instrument used in this study was an observation guide with data analysis using the SPSS 22 program. The results showed that the average creativity of control class children at pretest was 17.67 while the experimental class was 19.33 and the average creativity of children in the control class increased at posttest by 21.75 and the average creativity of children in the experimental class increased at posttest by 28.50. It can be concluded that educative bunchems can influence the creativity of children aged 5-6 years at RA Cahaya Al-Hidayah Kadulawang-Pandeglang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan atau karya nyata yang tidak pernah ada sebelumnya atau yang ada kemudian dikreasikan menjadi hal yang baru dan dapat diterapkan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif bunchems terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan dikelompok B RA Cahaya Al-Hidayah Kadulawang-Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control groups design dengan sampel 24 anak. Kelompok B1 dengan sampel 12 anak sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 dengan sampel 12 anak sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas anak kelas kontrol saat pretest sebesar 17,67 sementara kelas eksperimen sebesar 19,33 dan rata-rata kreativitas anak pada kelas kontrol meningkat pada saat postest sebesar 21,75 dan rata-rata kreativitas anak pada kelas eksperimen meningkat saat postest sebesar 28,50. Maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif bunchems dapat mempengaruhi kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Cahaya Al-Hidayah Kadulawang-Pandeglang. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2021 13:43 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2021 13:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4683 |
Actions (login required)
View Item |