GESTAFIANI, EVA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS SDN CIKANDE 4). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
This research is aimed to find out and analyzing the application stay two stray method for learning outcome of learners sciences for five grade primary school. The method used was quasi experimental research design nonequivalent control group design. The sampling technique used is purposive sampling in this study, class VA as the experiment class use of model two stay two stray and VB as the control class using conventional learning. Research result obtained from test inferential toward the hypothesis. Based on data processing posttest obtained from the result of the test different value penultimate class in standard significant 0,05 = obtained t count > t table. T count = 14,47 and t table = 1,684. While, for the result of one side is the right penultimate obtained t count > t table. T count = 14,47 and t table = 1,684. Then can be concluded that study result cognitive subject social toward the student used of model two stay two stray is different and better than students using conventional learning.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini, kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan kelas VB menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Berdasarkan pengolahan data postes diperoleh hasil uji beda kedua kelas pada taraf siginifikan = 0,05 diperoleh t hitung > t tabel. t hitung = 14,47 dan t tabel = 1,684. Sedangkan untuk uji satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh t hitung > t tabel. . t hitung = 14,47 dan t tabel = 1,684. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran two stay two stray terdapat perbedaan dan lebih baik dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2021 11:42 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2021 11:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4664 |
Actions (login required)
View Item |