Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KARYA TEKNOLOGI SEDERHANA MATA PELAJARAN IPA

FIDYATI, DESY (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KARYA TEKNOLOGI SEDERHANA MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KARYA TEKNOLOGI SEDERHANA MATA PELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study aims to determine differences in the ability of creative thinking and improvement of students' creative thinking ability IPA using a synoptic model and direct learning model. The method used in this research is quasi experiment with Pretest research design and Posttest Non Equivalent with sampling technique in this research using Probability Sampling. Population in this research is all grade IV SDI Al-Azhar 40 Cilegon with sample that is class IV-B as experiment class by using synectic model and class IV-A as control class by using direct learning model. On the subject of natural science, especially on the material of simple technology works. Based on the results of the study, it shows that there are differences in the ability of creative thinking and improvement of creative thinking ability between students using the synoptic model and direct learning model. This can be evidenced from the calculation of data analysis techniques to test the first hypothesis using a two-t test. From result of calculation of hypothesis test ttable value = 2.03>tcount = 2,37, hence Ho rejected and Ha accepted, it can be concluded that there is difference of ability of creative thinking of student which use model of sinectik with direct learning model. Data analysis techniques to test the second hypothesis in this study using the test-t 'one party. From the calculation of hypothesis test obtained ttable value = 1.67>tcount = 1.73, then Ho is rejected and Ha accepted, it means the improvement of creative thinking ability of students who use the higher synectic model than the students using direct learning model.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan di lapangan terkait kurangnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa dan kecenderungan pada metode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa yang menggunakan model sinektik dan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest dan Post-test Non Equivalent. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDI Al-Azhar 40 Cilegon dengan sampel yaitu kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model sinektik dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil Penelitian Teknik Analisa Data untuk menguji hipotesis pertama menggunakan uji-t’ dua pihak. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai ttabel=2000 > thitung=0,522, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model sinektik dengan model pembelajaran langsung. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis kedua dalam penelitian ini menggunakan uji-t’ satu pihak. Dari perhitungan uji hipotesis di peroleh nilai ttabel = 1,67 > thitung= 1,73, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model sinektik lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan model sinektik dan model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 11:02
Last Modified: 09 Nov 2021 11:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item