Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROGRAM PELATIHAN PROGRAMER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER PADA WARGA BELAJAR DI PKBM BINA BANGSA CINANGKA

HIDAYAT, DOWI (2014) PROGRAM PELATIHAN PROGRAMER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER PADA WARGA BELAJAR DI PKBM BINA BANGSA CINANGKA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROGRAM PELATIHAN PROGRAMER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER PADA WAGA BELAJAR DI PKBM BINA BANGSA CINANGKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi a.n.Dowi Hidayat, NIM :2221092027, dengan Judul : “Program Pelatihan Programer dalam Meningkatkan Keterampilan Komputer Pada Warga Belajar Di PKBM Bina Bangsa Cinangka”. Pendidikan merupakan media dalam menciptakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidup secara lebih efektif dan efesien.Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, bangsa dan Negara.Pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang dilakukan di luar pendidikan formal untuk warga belajar agar mereka memperoleh suatu keterampilan dalam hidupnya. PKBM adalah salah satu dari pendidika luar sekolah, PKBM adalah suatu wadah yang dijadikan sebagai upaya membangkitkan kemampuan masyarakat untuk menggali, menumbuhkan dan memberdayakan potensi masyarakat. Dari uraian diatas maka penulis akan mengadakan penelitian dengan berjudul “Program Pelatihan Programer dalam Meningkatkan Keterampilan Komputer pada Warga Belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :Bagaimana perencanaan pelatihan programer komputer di PKBM Bina Bangsa Cinangka?, Bagaimana proses pembelajaran programer komputer dalam meningkatkan keterampilan warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka? dan Bagaimana hasil belajar pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka?. Tujuan dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelatihan programer komputer di PKBM Bina Bangsa Cinangka, Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran programer komputer dalam meningkatkan keterampilan warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka, dan Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka. Metode yang dianggap paling relevan dengan pokok penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian :deskriptif analitik, yaitu suatu usaha pengumpulan, penyusunan, analisis dan interpretasi data yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada dan timbul pada masa sekarang dengan langkahlangkah observasi, dokumentasi dan wawancara. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa program pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka yaitu sebesar 86,21%. Walaupun disana sini masih terdapat kekurangan-kekurangan, namun hal tersebut dianggap wajar, dengan adanya remidial atau perbaikan– perbaikan bagi siswa yang belum tuntas, lambat laun kekurangan-kekurangan tersebut akan dicukupi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987021002
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Additional Information: ABSTRAK Skripsi a.n.Dowi Hidayat, NIM :2221092027, dengan Judul : “Program Pelatihan Programer dalam Meningkatkan Keterampilan Komputer Pada Warga Belajar Di PKBM Bina Bangsa Cinangka”. Pendidikan merupakan media dalam menciptakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidup secara lebih efektif dan efesien.Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, bangsa dan Negara.Pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang dilakukan di luar pendidikan formal untuk warga belajar agar mereka memperoleh suatu keterampilan dalam hidupnya. PKBM adalah salah satu dari pendidika luar sekolah, PKBM adalah suatu wadah yang dijadikan sebagai upaya membangkitkan kemampuan masyarakat untuk menggali, menumbuhkan dan memberdayakan potensi masyarakat. Dari uraian diatas maka penulis akan mengadakan penelitian dengan berjudul “Program Pelatihan Programer dalam Meningkatkan Keterampilan Komputer pada Warga Belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :Bagaimana perencanaan pelatihan programer komputer di PKBM Bina Bangsa Cinangka?, Bagaimana proses pembelajaran programer komputer dalam meningkatkan keterampilan warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka? dan Bagaimana hasil belajar pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka?. Tujuan dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelatihan programer komputer di PKBM Bina Bangsa Cinangka, Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran programer komputer dalam meningkatkan keterampilan warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka, dan Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka. Metode yang dianggap paling relevan dengan pokok penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian :deskriptif analitik, yaitu suatu usaha pengumpulan, penyusunan, analisis dan interpretasi data yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada dan timbul pada masa sekarang dengan langkahlangkah observasi, dokumentasi dan wawancara. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa program pelatihan programer dapat meningkatkan keterampilan komputer pada warga belajar di PKBM Bina Bangsa Cinangka yaitu sebesar 86,21%. Walaupun disana sini masih terdapat kekurangan-kekurangan, namun hal tersebut dianggap wajar, dengan adanya remidial atau perbaikan– perbaikan bagi siswa yang belum tuntas, lambat laun kekurangan-kekurangan tersebut akan dicukupi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 14:11
Last Modified: 08 Nov 2021 14:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item