Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SIKAP GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KECAMATAN CIBINONG

HANIFAH FITRIANA, PUTRI (2024) SIKAP GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KECAMATAN CIBINONG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Putri Hanifah_2287200018_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Differentiated learning can be considered an appropriate strategy because it emphasizes teaching methods that focus on students' learning needs in terms of their readiness to learn, learning profiles, interests, and skills. The purpose of this research is to examine the attitudes of teachers at SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah, and SMP Al Azhar Syifa Budi towards differentiated learning based on three components of attitude: cognitive, affective, and conative. This study employs a descriptive quantitative research design. Quantitative data were collected through questionnaires, which were then used to accurately describe the results of the research. The target population for this study consisted of 68 teachers from SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah, and SMP Al Azhar Syifa Budi. A sample of 58 respondents was obtained from each school. The results and discussion reveal that regarding the cognitive factor, the majority (45% or 27 teachers) have a fairly good attitude, compared to the average score of 22.85. For the affective factor, the highest percentage falls into the fairly good category, with a total of 31 teachers (52%). In the conative factor, the fairly good category also shows a percentage of 35% (21 teachers). Conversely, the very poor category shows a percentage of 0%. The attitudes of teachers towards differentiated learning for autistic students in the three schools SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah, and SMP Al Azhar Syifa Budi are categorized as fairly good across all three factors.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTANJUNG UTAMI, YUNI198706282019032008
Thesis advisorMUSAYAROH, SITI1992206172020122018
Additional Information: Pembelajaran berdiferensiasi dapat dikatakan strategi yang tepat karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode pengajaran yang menitik beratkan pada kebutuhan belajar siswa dalam hal kesiapan belajar, profil belajar, minat dan juga keterampilan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat bagaimana tingkatan sikap guru di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi terhadap pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan 3 komponen sikap, yaitu komponen kognitif, komponenafektif dan komponen konatif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data kuantitatif yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, kemudian mendeskripsikan data dari hasil penelitian yang akurat dan tepat. Populasi dalam penelitian ini target populasinya adalah 68 guru dari SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Darul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi. sampel pada setiap sekolah, didapatkan jumlah sampel pada penelitian ini dengan total sebanyak 58 responden. Hasil penelitian dan pembahasan pada faktor kognitif, mayoritas 45% (27 guru) memiliki sikap cukup baik, di bandingkan dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 22,85. faktor afektif diatas, dapat dilihat bahwa presetasi paling tinggi yaitu pada kategori cukup baik dengan total 31 guru (52%). dan pada faktor konatif diatas, dapat dilihat bawah pada kategori cukup baik yang memiliki presentasi yaitu 35% (21 guru). Berbanding terbalik dengan kategori sangat kurang baik dimana memiliki presentasi 0%. Sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis di tiga sekolah menengah yaitu di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarun Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi, dikategorikan bahwa sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis dari ketiga factor cukup baik.
Uncontrolled Keywords: Teacher Attitudes, Differentiated Learning, and Autistic Students. Sikap Guru, Pembelajaran berdiferensiasi dan Peserta Didik Autis.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: MS PUTRI HANIFAH FITRIANA
Date Deposited: 30 Dec 2024 15:52
Last Modified: 30 Dec 2024 15:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/44311

Actions (login required)

View Item View Item