Davidson, Samson (2024) ANALISIS DEMAND PENUMPANG DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN SHUTTLE BUS KAMPUS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (Bab 1)
Samson Davidson P_3336200112_01.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
|
Text (Bab 2)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_02.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text (Bab 3)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_03.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text (Bab 4)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_04.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (Bab 5)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_05.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text (Bab 6)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_06.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
Text (Ref)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text (CP)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
|
Text (Lamp)
Samson Davidson Pakpahan_3336200112_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Hingga saat ini mayoritas civitas akademika di lingkungan kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa masih menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi menuju gedung kuliah, sehingga konsumsi BBM semakin besar dan turut menyumbang peningkatan polusi emisi gas buang. Mengingat tingginya preferensi civitas akademika terhadap kendaraan pribadi dalam beraktivitas kampus dibandingkan dengan layanan shuttle bus, serta adanya penambahan armada shuttle bus di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, penelitian ini ingin meninjau apakah jumlah dan biaya operasional armada shuttle bus saat ini sudah optimal dalam memenuhi kebutuhan mobilitas civitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna bus di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, mengetahui potensi permintaan perjalanan civitas akademika kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan mengetahui Biaya Operasional Kendaraan (BOK) shuttle bus di Kampus Untirta. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengguna bus Untirta laki-laki sangat dominan persentase pengguna bus laki-laki berdasarkan survei sebanyak 60% untuk perempuan yaitu 40%, pada usia 16-25 sangat dominan menggunakan shuttle bus sebersar 92%, mayoritas penumpang yaitu mahasiswa dengan persentase 95%, dan mayoritas pengguna beralasan menggunakan shuttle bus terbanyak dikarenakan biaya dengan persentase 38%. Untuk demand aktual didapat jumlah perjalanan menggunakan angkutan umum penumpang sebesar 150 sampel perjalanan orang/hari, untuk demand potensial total sampel sebanyak 250 civitas akademika yang di wawancara, dengan jumlah kendaraan sebanyak 250 diperoleh hanya 9,6% sebesar 24 orang yang bersedia untuk pindah menggunakan angkutan shuttle bus Untirta, sebesar 90,4% lainnya tidak bersedia menggunakan shuttle bus. Untuk Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pada pada medium bus sebesar Rp. 7.741,26 / km dan big bus sebesar Rp. 21.565,69 / km.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hingga saat ini mayoritas civitas akademika di lingkungan kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa masih menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi menuju gedung kuliah, sehingga konsumsi BBM semakin besar dan turut menyumbang peningkatan polusi emisi gas buang. Mengingat tingginya preferensi civitas akademika terhadap kendaraan pribadi dalam beraktivitas kampus dibandingkan dengan layanan shuttle bus, serta adanya penambahan armada shuttle bus di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, penelitian ini ingin meninjau apakah jumlah dan biaya operasional armada shuttle bus saat ini sudah optimal dalam memenuhi kebutuhan mobilitas civitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna bus di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, mengetahui potensi permintaan perjalanan civitas akademika kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan mengetahui Biaya Operasional Kendaraan (BOK) shuttle bus di Kampus Untirta. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengguna bus Untirta laki-laki sangat dominan persentase pengguna bus laki-laki berdasarkan survei sebanyak 60% untuk perempuan yaitu 40%, pada usia 16-25 sangat dominan menggunakan shuttle bus sebersar 92%, mayoritas penumpang yaitu mahasiswa dengan persentase 95%, dan mayoritas pengguna beralasan menggunakan shuttle bus terbanyak dikarenakan biaya dengan persentase 38%. Untuk demand aktual didapat jumlah perjalanan menggunakan angkutan umum penumpang sebesar 150 sampel perjalanan orang/hari, untuk demand potensial total sampel sebanyak 250 civitas akademika yang di wawancara, dengan jumlah kendaraan sebanyak 250 diperoleh hanya 9,6% sebesar 24 orang yang bersedia untuk pindah menggunakan angkutan shuttle bus Untirta, sebesar 90,4% lainnya tidak bersedia menggunakan shuttle bus. Untuk Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pada pada medium bus sebesar Rp. 7.741,26 / km dan big bus sebesar Rp. 21.565,69 / km. Kata kunci: transportasi, demand, biaya operasional kendaraan, bus | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil |
|||||||||
Depositing User: | Samson Davidson Pakpahan Samson | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2024 15:52 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 15:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/44073 |
Actions (login required)
View Item |