Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP DAUR AIR (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Kadumerak 1 Tahun Ajaran 2015/2016)

Fauzi Asidiqi, Deby (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP DAUR AIR (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Kadumerak 1 Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN MEDIA G.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This research aims to find out and analyze the differences between students‟ science process skill improvement by using macromedia flash with picture media towards fifth grade students of elementary school on natural science lesson in water cycle concept, academic year 2015/2016. The research method is quasi experimental through Nonequivalent Control Group Design research design. The sampling technique used in this research is Purposive Sampling to choose 2 classes. In this research, VB class as experimental class used macromedia flash media and VC class as control class used picture media. This research result was gained from inferential test towards hypothesis. Based on processing of data ngain, obtained that the average score of experiment class = 0,68 and control class =0,32. From the result of both scores in two classes on significant level = 0,05 obtained that tcount = 7,525 and ttable = 1,998. The researcher also did right party test obtained that ttable = 1,67022. Based on research result it can be concluded that there was different improvement and higher from students‟ science process skills on natural science lesson in water cycle concept by using Macromedia Flash media compared with students who used picture media. Keywords : Macromedia Flash media, science process skills improvement and natural science lesson in water cycle concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Thesis advisorANDRIANA, ENCEP198811262014041001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan proses sains menggunakan macromedia flash dengan media gambar terhadap siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA konsep daur air tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Purposive Sampling untuk memilih 2 kelas. Pada penelitian ini, kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan media macromedia flash dan kelas VC sebagai kelas kontrol menggunakan media gambar. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Berdasarkan pengolahan data n-gain diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen = 0,68 dan kelas kontrol = 0,32. Dari hasil uji dua pihak nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung = 7,525 dan ttabel = 1,998. Peneliti juga melakukan uji pihak kanan diperoleh ttabel = 1,67022. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA konsep Daur Air menggunakan media Macromedia Flash terdapat perbedaan peningkatan dan lebih tinggi dengan peserta didik yang menggunakan media gambar. Kata kunci: media Macromedia Flash, keterampilan proses sains dan mata pelajaran IPA konsep Daur Air.
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash media, science process skills improvement and natural science lesson in water cycle concept media Macromedia Flash, keterampilan proses sains dan mata pelajaran IPA konsep Daur Air.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:15
Last Modified: 04 Nov 2021 07:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item