Saadah, Siti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MENGUBAH PERMUKAAN BUMI ANTARA MODEL BRAIN BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Dangdeur 1 Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
This research aims to know the difference in student learning outcomes and student activities on subjects science after using the model Brain Based Learning in students of class V SD Negeri Dangdeur lesson 1 year 2015/2016. The research method used was quasi experiment, while the research design used was nonrandomized control group pretest-posstest. This study uses two classes, namely control and experimental groups i.e. Grade VA totalling 30 students who are given direct learning and classroom experiments, namely the students of VB consisting of 30 students who were given the treatment using a model Brain Based Learning. As for the data collection techniques include test results of student learning in the form of a non test form and test sheet student activity observation and documentation. Upon the results of the research indicate that there is a difference in learning outcomes students use a model Brain Based Learning with direct learning evidenced on test-two parties namely t calculate > t table or 5,12 > 2,00172 then H0 is rejected and the Ha are received. As well as learning outcomes students use a model Brain Based Learning higher than students who use direct learning as evidenced on the test-one party namely calculate > t table or 5,12 > 1,671, then H0 is rejected and the Ha are received. As well as observation activities students processed experiment results of 43.3% showed either. Thus, students are actively involved in the subjects of science. Keywords: Model Brain Based Learning, Direct Learning, Results Learning Science in Primary School.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah menggunakan model Brain Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Dangdeur 1 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonrandomized control group pretestposstest. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa yang diberikan pembelajaran langsung dan kelas eksperimen yaitu siswa VB yang terdiri dari 30 siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Brain Based Learning. Adapun teknik pengumpulan data yang meliputi tes hasil belajar siswa berupa tes dan non tes yang berupa lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan yang dibuktikan pada uji dua pihak yaitu hitung > t tabel atau 5,12 > 2,00172, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Serta observasi aktivitas siswa dikelas eksperimen mendapatkan hasil sebesar 43,3% yang menunjukan baik. Dengan demikian, siswa terlibat aktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alammodel Brain Based Learning dengan model pembelajaran langsung yang dibuktikan pada uji satu pihak yaitu t hitung > t tabel atau 5,12 > 1,671, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Serta hasil belajar siswa yang menggunakan model Brain Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung Kata Kunci: Model Brain Based Learning, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar IPA di SD. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Brain Based Learning, Direct Learning, Results Learning Science in Primary School. Model Brain Based Learning, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar IPA di SD. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2021 02:50 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2021 02:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4360 |
Actions (login required)
View Item |