Oktafiyanti, Riska (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Dilaksanakan Di Kelas IV SD Negeri Cimanuk Pandeglang Tahun Pembelajaran 2015-2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sumber Daya Alam Antara Model Pembelaja~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
This study aims to determine differences in student learning, student learning outcomes with a model of what is higher, and the activity of students in the learning process by using model PBI (Problem Based Instruction) on the subjects of Sciences IV class on material resources. This research was conducted in SD Negeri Cimanuk 1 of the school year 2015/2016. This research method is a quasiexperimental. The sampling technique used was purposive sampling to select an experimental class and control class. In this study, the fourth grade as an experimental class A and class IV B as the control class. Based on the results of this study concluded that there are differences in cognitive learning outcomes of students who use the learning model PBI (Problem Based Instruction) with that using direct learning model proved in tests two parties with thitung> ttable that is 2.79> 2.00172 then H0 Ha accepted , And the results of student learning using learning model PBI (Problem Based Instruction) higher than students who use direct instructional model demonstrated in the test right with thitung> ttable that is 2,79> 1.67155 then H0 rejected and Ha accepted. Judging from the percentage of student activity observation results obtained from 30 students, there are 27% gain criteria very well, 63% obtain good criteria, and 10% obtain sufficient criteria. Keywords: PBI learning model (Problem Based Instruction), direct learning model, the cognitive learning, Sciences.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa dengan model apa yang lebih tinggi, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV pada materi sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cimanuk 1 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini ialah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung dibuktikan pada uji dua pihak dengan thitung > ttabel yaitu 2,79>2,00172 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Serta hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dibuktikan pada uji pihak kanan dengan thitung > ttabel yaitu 2,79>1,67155 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari persentase hasil observasi aktivitas siswa didapatkan dari 30 siswa terdapat 27% memperoleh kriteria sangat baik, 63% memperoleh kriteria baik, dan 10% memperoleh kriteria cukup. Kata Kunci: Model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), model pembelajaran langsung, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | PBI learning model (Problem Based Instruction), direct learning model, the cognitive learning, Sciences. Model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), model pembelajaran langsung, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2021 02:28 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2021 02:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
View Item |