Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Serang)

SURI, KARTIKA (2018) PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

In learning, various problems are often encountered among students lacking a sense of learning responsibility in learning of Pancasila and Citizenship Education. From the results of observations and interviews, researchers found several problems related to the character of student responsibility, namely when the teacher gave the assignment, students were unable to submit the assignment given by the teacher on time, when working on the task, students looked at the work of their friends. The purpose of the study was to find out the character traits of responsibility through learning Pancasila and Citizenship Education. This research was conducted at MTsN 1 in Serang City. The time for research began in December 2017 until May 2018. The research method used was descriptive method with a qualitative approach. This study uses data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The instruments in this study were using observation guidelines, interview guidelines, and documentation. The data analysis technique used in this study is the analysis technique of the Miles and Huberman models. Examination of the data in this study was carried out with Extension Observations, increasing persistence, triangulation testing and memberchecking data from various sources with various techniques. The results of the study show that, (1) instilling the character of responsibility in students, namely the teacher integrates the value of the character specifically the character of responsibility into the material being taught. Planting the character of responsibility is not only done in the classroom when the lesson takes place, but is done outside the classroom by going through a variety of habits, (2) supporting factors namely the teacher being a role model for students, discipline that must be obeyed, and the existence of a Standard Operating Procedure. The inhibiting factors are the absence of a teacher and parent contact book, (3) the planting of the character of responsibility through learning is done using the lecture method, discussion, question and answer, assignment and use of strategies (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIlmiah, WardatulUNSPECIFIED
Thesis advisorAlwan Bahrudin, FebrianUNSPECIFIED
Additional Information: Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya siswa kurang memiliki rasa tanggung jawab belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dari hasil observasi dan wawancara, peneliti menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan karakter tanggung jawab siswa yaitu ketika guru memberikan tugas, siswa tidak mampu menyerahkan tugas yang diberikan guru pada tepat waktu, apabila mengerjakan tugas, siswa mengerjakannya dengan cara melihat pekerjaan temannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui penanamkan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Kota Serang. Adapun waktu penelitian mulai dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Pemeriksaan data pada penelitian ini dilakukan dengan Perpanjangan Pengamatan, meningkatkan ketekunan, uji triangulasi dan membercheck data dari berbagai sumber dengan berbagai teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa yaitu guru mengintegrasikan nilai karakter khususny karakter tanggung jawab ke dalam materi yang sedang diajarkan. Penanaman karakter tanggung jawab tidak hanya dilakukan di dalam kelas ketika pelajaran berlangung, namun dilakukan di luar kelas yaitu dengan melalui berbagai macam kebiasaan, (2) faktor pendukung yaitu guru menjadi teladan bagi siswa, tata tertib yang harus dipatuhi, dan adanya Standar Operating Procedure. Factor penghambat yaitu tidak adanya buku penghubung guru dengan orang tua, (3) penanaman karakter tanggung jawab melalui pembelajaran dilakukan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan menggunakan strategi (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:55
Last Modified: 02 Nov 2021 04:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4251

Actions (login required)

View Item View Item