Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP BEBAN KERJA DAN KELELAHAN KERJA PADA OPERATOR INJECTION DI PT. HASTA PRIMA INDUSTRI

ALFARIZKI, ANJAR DWI (2021) PENGARUH TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP BEBAN KERJA DAN KELELAHAN KERJA PADA OPERATOR INJECTION DI PT. HASTA PRIMA INDUSTRI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Anjar Dwi Alfarizki [FIX].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover-Abstrak (2).pdf

Download (553kB)

Abstract

Kebisingan merupakan variabel lingkungan fisik yang dapat mempengaruhi produktivitas apabila memiliki NAB yang telah ditentukan.salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas yaitu kelelahan. PT Hasta Prima Industri merupakan perusahaan manufaktur yang dalam produksinya masih banyak proses yang dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan kelelahan kerja bagi para pekerja terutama bagian injection dimana bagian tersebut merupakan bagian yang penting dalam proses utama produksi. Rancangan penelitian ini menggunakan Cross Sectional yaitu melakukan observasi dan pengukuran variabel pada saat bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tingkat kebisingan terhadap beban kerja dan kelelahan kerja pada operator injection menggunakan %CVL dan Kuesioner IFRC. Hasil pengolahan data yaitu rata-rata tingkat kebisingan dari 14 titik penentuan terdapat 2 yang mendapatkan nilai diatas ambang batas yaitu pada titik 7 sebesar 85,1 dan titik 12 sebesar 92,1 dB. Pengaruh antara tingkat kebisingan dengan denyut nadi yaitu p value > 0,05. Tingkat kelelahan kerja berdasarkan kuesioner IFRC sebesar 58. Pengaruh tingkat kebisingan terhadap kelelahan kerja yaitu 5 operator memiliki tingkat kelelahan 1, 6 operator memiliki tingkat kelelahan 2, dan 3 operator memiliki tingkat kelelahan 3. Pengaruh antara tingkat kebisingan terhadap kelelahan kerja yaitu p value > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, %CVL, Kuesioner IFRC, Kelelahan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Sep 2024 13:23
Last Modified: 20 Sep 2024 13:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42314

Actions (login required)

View Item View Item