Arliati, Vika (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENCETAK DARI BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Negeri Pembina Terpadu, Pandeglang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Creativity is the ability of individuals in the form of ideas, methods, processes, or new products that are innovative and imaginative. One of the activities that can increase a child's creativity is printing activities from natural materials. Print selected activities for children in addition to interesting and fun to create new ideas that kids want. This study aims to improve the creativity of children aged 4-5 years. The method used is classroom action research. Subject of the study consisted of 14 children in early childhood Pembina State Integrated Pandeglang located on Jl. Office Cikupa 2, District Pandeglang, Banten. The data collection techniques by observation, interviews, field notes, and documentation. The research was carried with 2 cycles of the first cycle consists of 8 times the action and in the second cycle consists of 2 times the action. The results of this study show the creativity of children develop optimally, due to the process of learning begins with a RKH, action and observation in each cycle, and to implement the reflection in order to improve the activities that were deemed to be unfavorable. This is evidenced by the results of the percentage of children's creativity, namely: 1) In the pre-study was 19%, 20 After the child is given an action on the first cycle creativity children increased by 36%, 3) In the second cycle obtained yield was 77%. Children are able to express themselves, to train memory, create new ideas, answered with a smooth, expressed the idea in more detail. Thus, a child's creativity can be said to be on the rise and growing very well. it can be concluded that, by using a printing activity of natural ingredients can enhance the creativity of children aged 4-5 years in early childhood Pembina State Integrated Pandeglang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kreativitas adalah suatu kemampuan individu yang berupa gagasan, metode, proses, ataupun produk baru yang bersifat inofatif dan imajinatif. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anak adalah kegiatan mencetak dari bahan alam. Kegiatan mencetak dipilih karena selain menarik dan menyenangkan anak dapat menciptakan gagasan baru yang anak inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 14 anak di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang yang berlokasi di Jl. Perkantoran Cikupa No.2, Kecamatan Pandeglang Banten. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan di siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan kreativitas anak berkembang secara optimal, karena pada proses pembelajarannya diawali dengan membuat RKH, melakukan tindakan dan pengamatan disetiap siklusnya, serta melaksanakan refleksi guna memperbaiki kegiatan yang dianggap masih kurang baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil presentase kreativitas anak yaitu: 1) Pada pra penelitian sebesar 19%, 20 Setelah anak diberikan tindakan pada siklus I kreativitas anak meningkat sebesar 36%, 3) Pada siklus II diperoleh hasil sebesar 77%. Anak mampu mengekpresikan diri, melatih ingatan, membuat gagasan baru, menjawab dengan lancer, menyatakan ide secara lebih rinci. Dengan demikian, kreativitas anak dapat dikatakan meningkat dan berada pada berkembang sangat baik. maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan kegiatan mencetak dari bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2021 05:04 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4204 |
Actions (login required)
View Item |