Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENENTUAN RUTE TERPENDEK DENGAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION UNTUK MINIMASI BIAYA DISTRIBUSI (Studi Kasus : Pengiriman Roti UKM Jaya Roti Rangkasbitung)

DIPRADANA, FEBBY CHANDRA (2021) PENENTUAN RUTE TERPENDEK DENGAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION UNTUK MINIMASI BIAYA DISTRIBUSI (Studi Kasus : Pengiriman Roti UKM Jaya Roti Rangkasbitung). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
File Skripsi Febby Chandra Adipradana_3333170021_ (Teknik Industri).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover-Abstrak Inggris Febby Chandra Adipradana_3333170021_ (Teknik Industri).pdf

Download (507kB)

Abstract

Ditengah kondisi pandemi yang ada para pelaku bisnis harus jeli dalam mengambil keputusan. Keputusan yang perlu dilakukan salah satunya adalah dengan membuat segala kegiatan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu kegiatan penting perusahaan yang perlu mendapatkan perhatian adalah distribusi, karena apabila kegiatan distribusi tidak direncanakan dengan baik dapat membuat potensi pemborosan pada biaya dan waktu yang dibutuhkan. Salah satu hal yang dapat membuat kegiatan distribusi yang ada menjadi efektif dan efisien adalah dengan menentukan rute terpendek distribusi yang akan dilakukan. Penelitian ini dilakukan di sebuah UKM yang berada di Rangkasbitung yaitu Jaya Roti yang menjual aneka jenis roti. Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh Jaya Roti ternyata masih secara konvensional, sedangkan distribusi yang dilakukan ke kota Serang memiliki banyak lokasi dan kombinasi rute yang kompleks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode metaheuristik yaitu Ant Colony Optimization (ACO) dengan software MATLAB untuk menentukan rute terpendek yang termasuk ke dalam permaslahan Travel Salesman Problem (TSP). Hasil penentuan rute terpendek yang dilakukan menghasilkan total jarak sebesar 93.48 Km dengan tingkat efisiensi sebesar 26.97% dan biaya dihasilkan sebesar Rp. 170,795.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ant Colony Optimization, Distribusi, Travel Salesman Problem
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce

H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Sep 2024 16:54
Last Modified: 06 Sep 2024 16:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41796

Actions (login required)

View Item View Item