ROSIAH, SITI (2021) PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI RUAS TAMAN PATUNG TUGU DEBUS TERHADAP KINERJA JALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
Skripsi_Siti Rosiah_3336160043.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
Text (Abstrak)
Abstrak (67).pdf Download (10kB) |
Abstract
Ruas Jalan Taman Patung Tugu Debus Kota Serang merupakan jalan perkotaan yang ramai di Kota Serang, selain sebagai akses keluar masuk ke pintu tol Serang Timur, di kawasan ruas jalan tersebut dekat dengan rumah sakit dan mall, ruas jalan tersebut juga menjadi pilihan para penumpang angkutan umum bus antar kota yang tidak mau naik atau turun bus di Terminal Pakupatan, menjadikan ruas jalan tersebut kian padat dilalui angkutan kota dan bus antar kota yang dapat meningkatkan hambatan samping. Hambatan samping merupakan aktivitas di samping segmen jalan yang sangat mempengaruhi kinerja lalu lintas. banyak kegiatan di sisi jalan yang menimbulkan kemacetan seperti pejalan kaki/penyebrang jalan, kendaraan umum dan kendaraan lain berhenti, kendaraan lambat, serta kendaraan masuk dan keluar dari lahan disamping jalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja ruas jalan di ruas Taman Patung Tugu Debus Kota Serang pada masa pandemi Covid-19, mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan di ruas Taman Patug Tugu Debus Kota Serang pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi hambatan samping di ruas jalan Taman Patung Tugu Debus Kota Serang. Analisa data menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada masa pandemi Covid-19 diperoleh hambatan samping dengan kategori sangat tinggi (VH), hambatan samping tersebut dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan menjadi menurun, volume lalu lintas maksimum diperoleh sebesar 4218 smp/jam, kapasitas yang diperoleh 5645 smp/jam, nilai derajat kejenuhan diperoleh 0,75 dan tingkat pelayanan jalan masuk kategori D. Untuk meningkatkan kinerja ruas jalan dilakukan alternatif memasang rambu larangan berhenti pada sisi jalan dan menghilangkan hambatan samping pejalan kaki, pembuatan halte dan jembatan penyebrangan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hambatan samping, kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2024 13:45 | |||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2024 13:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41674 |
Actions (login required)
View Item |