Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI EKSPERIMENTAL GASIFIKASI BIOMASSA CAMPURAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN SEKAM PADI DALAM UPDRAFT FIXED BED GASIFIER TERHADAP PRODUK HASIL BIOMASSA

SABAN, FAHMI (2018) STUDI EKSPERIMENTAL GASIFIKASI BIOMASSA CAMPURAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN SEKAM PADI DALAM UPDRAFT FIXED BED GASIFIER TERHADAP PRODUK HASIL BIOMASSA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
Fahmi Saban (3331132585).rar
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan energi untuk menopang pertumbuhan ekonomi, serta upaya pemerintah untuk menekan penggunaan BBM melalui program diversifikasi bahan bakar pembangkit dari BBM ke Non BBM diperlukan suatu solusi dan upaya kongkrit untuk mendukung hal tersebut. Salah satu solusi dan upaya kongkrit untuk mendukung hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai pembangkit listrik yaitu gasifikasi biomassa. Pada penggunannya supply biomassa Tandan Kosong Kelapa Sawit memerlukan biaya dan waktu, oleh karena itu dilakukan pencampuran dengan sekam padi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komposisi pencampuran terhadap kandungan syn-gas hasil gasifikasi yang paling optimal. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan alat gasifikasi updraft gasifier. Dari nilai variasi persentase pencampuran sekam padi yaitu 10%, 30%, dan 50%. Pada peneleitian ini didapatkan persentase paling optimal yaitu pada persentase pencampuran 30%. Dengan perbedaan hasil kandungan syn-gas yang cukup signifikan serta performa gasifikasi yang dihasilkan yaitu HHV 5MJ/Kg dan ηgasifikasi 64%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyudi, HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorRosyadi, ImronUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Aug 2024 12:00
Last Modified: 21 Aug 2024 12:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/41205

Actions (login required)

View Item View Item