Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAKAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten 2017 )

AISAH, SITI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAKAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten 2017 ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAKAN SENAM IRAMA (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten 2017).pdf

Download (3MB)

Abstract

This study aims to improve the gross motor skills of children in group A in kindergarten Kindergarten Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten can be said is still low this can be seen from the lack of ability of children in coordinating the movement of the feet and hands, jumping and clapping, tilt the head left and right, step left and right. The type of research used is action research (PT) which is designed in a recurring cycle. In this research consists of two cycles, in cycle I as much as 8 times action and on cycle II as much as 2 times action. With the criteria used as a measure of the success of the action and agreement kolabolator by 60%. The subjects consisted of 15 children in Kemala Bhayangkari 4 kindergarten located in Serang-Banten city. The design of action interventions / design of this research cycle includes the stages: a ) planning, b ) action c ) observation d) rafleksi. Techniques of collecting data through observation, field notes, interviews and documentation records. Data analysis was obtained from the result of comparison between rough motor abilities of children before and after action. The result of the research shows that from the pre-study that is 17%, then after performing the action of cycle I shows the percentage of gross motor skills increase by 40%, then the results obtained after the action in cycle II show the percentage increase in gross motor ability by 90%. Thus the rough motor abilities of children increase and are at a very good developing stage. From the results tersebuulakan it can be concluded, that through the activity of rhythmic ceramic cheerful can increase motor abusive ability of group A children in TK Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Permanasari, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK TK Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten dapat dikatakan masih rendah hal ini bisa dilihat dari kurang mampunya anak dalam mengkoordinasikan gerakan kaki dan tangan, melompat dan bertepuk tangan, memiringkan kepala kekiri dan kekanan, melangkah kekiri dan kekanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (PT)yang di rancang dalam siklus berulang. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan pada siklus II sebanyak 2 kali tindakan. Dengan kriteria yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan tindakan dan kesepakatan kolabolator sebesar 60%. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak di TK Kemala Bhayangkari 4 yang berlokasi di kota Serang-Banten. Desain interfensi tindakan/rancangan siklus penelitian ini meliputi tahap-tahap: a ) perencanaan, b) tindakan c )pengamatan d ) rafleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan motorik kasar anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil penelitian menunjukan dari pra penelitian yaitu 17%, kemudian setelah melaksanakan tindakan siklus I menunjukan persentase peningkatan kemampuan motorik kasar sebesar 40%, selanjutnya hasil yang diperoleh setelah malaksanakan tindakan pada siklus II menunjukan persentase peningkatan kemampuan motorik kasar sebesar 90%. Dengan demikian kemampuan motorik kasar anak meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dari hasil tersebuut maka dapat disimpulakan, bahwa melalui kegiatan senam irama ceria dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 4 Serang-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:58
Last Modified: 29 Oct 2021 07:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item