Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B di TK Terpadu Santosa, Cilegon-Banten)

INDAH FAJARWATI, RIDHA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B di TK Terpadu Santosa, Cilegon-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Early reading ability on grup B in TK Terpadu Santosa Cilegon is still low. It’s related with methods and learning media are less interesting and varied. The use of audio visual media is expected to improve reading ability on group B. This study aims to (1) find out the process of applying audio visual media within improving early reading ability of children group B in TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten and to (2) know the improvement early reading ability of children group B in TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten through audio visual media. The method used in this research is action research, consists of 2 cycles, cycle I as much as 8 times action and cycle II as much as 4 times action. The subjects of the study were children of group B in TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten with a total of 12 children aged 5-6 years, consisting of 5 boys and 7 girls. Techniques of data collection in this study are observation, field notes, interview notes and documentation. Technique of data analysis is done by descriptively qualitative and quantitative. The success criterion of action in this research is if the average score of the class in early reading ability reaches 60%. The results showed that: (1) the process implementation of audio visual media includes 3 stage. The stages are, the preparatory stage, implementation stage, and evaluation stages; (2) at result of the first cycle more increased than pre action was 26% to 36%, and in second cycle increased to 67%. Based on the results obtained data it can be concluded that with the application of audio visual media can improve early reading ability of children in group B at TK Terpadu Santosa, Cilegon-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Terpadu Santosa Cilegon masih rendah. Hal ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang kurang menarik dan variatif. Penggunaan media yang menarik seperti audio visual diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui proses penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten melalui media audio visual. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus, siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 4 kali tindakan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten dengan jumlah 12 orang anak usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu apabila skor rata-rata kelas dalam membaca permulaan mencapai 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penerapan media audio visual meliputi 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap evaluasi; (2) pada Siklus I meningkat dari hasil pra tindakan sebesar 26% menjadi 36%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 67%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Terpadu Santosa Cilegon-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:39
Last Modified: 29 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item