Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (Penelitian Tindakan Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelita 1 Malingping-Banten )

RAKHMAWATI, NINA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (Penelitian Tindakan Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelita 1 Malingping-Banten ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (Penelitian Tindakan Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelita Malimping).pdf

Download (10MB)

Abstract

Storytelling is one form of speech. By telling stories the child can express his various feelings, such as sadness, joy, etc., telling the story is very important to reestablish all the forms of their experience in the language. Train a child to tell a story means to train them to speak up and bring up the idea and imagination of the child in front of others. Picture story media is one of the right media that can be used to stimulate the willingness and ability to tell the children and the series of activities or stories in the picture with a simple sentence with the presentation in a sequence. The fact that happens in Pelita kindergarten especially in children aged 5-6 years most children still difficulty in expressing what he saw and he heard through storytelling due to lack of understanding of the story. The purpose of this research is; 1 ) To know storytelling can be increased through picture story media in children aged 5-6 years in kindergarten Pelita 1 Malingping and 2 ) To know the improvement and implementation of picture story media in improving story telling children aged 5-6 years in kindergarten Pelita 1 Malingping. The method used in this research is a method of action research which is consist of 2 cycles. In cycle I is given action as much as 8 times and cycle II is given action 2 times, with success story story success criteria as much as 70%. The results of this study note that in pre-study ability to tell 27%, after the child is given action in cycle 1 the ability to tell a child increased to 40%, in the second cycle obtained results 72%. Thus, the ability to tell children has increased and is at a very good developing stage. It can be concluded that through picture story media can be increased in children aged 5-6 years in kindergarten Pelita 1 Malingping.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsmawati, LulukUNSPECIFIED
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Additional Information: Bercerita merupakan salah satu bentuk kemampuan berbicara. Dengan bercerita anak dapat mengungkapkan berbagai macam perasaannya, seperti sedih, gembira, dan lain-lain, bercerita sangat penting untuk mengolah kembali semua bentuk pengalaman mereka dalam bahasa. Melatih anak untuk bercerita berarti melatih mereka untuk berani berbicara dan mengemukakan ide serta imajinasi anak di depan orang lain. Media cerita bergambar adalah salah satu media yang tepat yang dapat digunakan untuk menstimulus kemauan dan kemampuan bercerita pada anak dan rangkaian kegiatan atau cerita pada gambar yang disertai kalimat sederhana dengan penyajian secara berurutan. Kenyataanya yang terjadi di TK Pelita khususnya pada anak usia 5-6 tahun sebagian besar anak masih kesulitan dalam mengekspresikan apa yang dia lihat dan dia dengar melalui bercerita dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap cerita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1)Untuk mengetahui bercerita dapat meningkat melalui media cerita bergambar pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita 1 Malingping dan 2) Untuk mengetahui peningkatan dan pelaksanaan media cerita bergambar dalam meningkatkan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Pelita 1 Malingping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang terdri dari 2 siklus. Pada siklus I diberikan tindakan sebanyak 8 kali dan siklus II diberikan tindakan sebanyak 2 kali, dengan kriteria keberhasilan kemampuan bercerita sebanyak 70%. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada pra penelitian kemampuan bercerita 27%, setelah anak diberikan tindakan pada siklus 1 kemampuan bercerita anak meningkat menjadi 40%, pada siklus II diperoleh hasil 72%. Dengan demikian, pkemampuan bercerita anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui media cerita bergambar dapat meningkat pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita 1 Malingping.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Oct 2021 05:56
Last Modified: 29 Oct 2021 05:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item