Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WEB SANGGAR BELAJAR (Studi Deskriptif Pada Kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Serang)

Tuddiniyah, Ma'rifah (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WEB SANGGAR BELAJAR (Studi Deskriptif Pada Kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_Fulltex.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ma'rifah Tuddiniyah_2286170008_01-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

This research aims to find out how effective the learning of Pancasila and Citizenship Education is using the media web Sanggar Learn at SMA Negeri 8 Serang City, as well as to find out what obstacles are faced in learning Pancasila and Citizenship Education using the media web Sanggar Learn at SMA Negeri 8 Serang City , and to find out what solutions have been implemented to overcome obstacles to learning Pancasila and Citizenship education using the Learning Studio website at SMA Negeri 8 Serang City. This research uses a qualitative research approach with descriptive methods. Data collection using interview observation and documentation. The research results show that the media web Sanggar Learn has been utilized and used well in the Pancasila and Citizenship Education subjects at SMA Negeri 8 Serang City as a learning support media. Teachers of Pancasila and Citizenship Education subjects have participated in and been given web-based learning training called the web Sanggar Learn for the learning process. So that students can easily use the media web Sanggar Learn in learning because the material can be accessed and used anywhere and at any time so that learning is easier for students to use. The obstacles faced in learning Pancasila and Citizenship Education in using the Sanggar Belajar website are the internet network, problematic server system, apart from that there are some students who lack focus in learning. The solution to overcome obstacles in learning Pancasila and Citizenship Education using the media web Sanggar Learn is to pay attention to and improve 1) policy and planning, 2) Leadership, 3) Infrastructure and resources, 4) Management, 5) teaching abilities and competencies of teachers, and 6) level of technical support.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Thesis advisorYuni Lestari, Ria199006102022032006
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang, serta untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang, dan untuk mengetahui bagaimana solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menggunakan web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan cara menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dikemukakan bahwa dalam media web Sanggar Belajar telah dimanfaatkan dan digunakan dengan baik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Kota Serang sebagai media penunjang pembelajaran. Guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah mengikuti dan diberikan pelatihan pembelajaran berbasis web yang diberi nama web Sanggar Belajar untuk proses pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah menggunakan media web Sanggar Belajar dalam pembelajaran karena materinya dapat dikases dan digunakan dimana saja dan kapan saja sehingga pembelajaran lebih mudah digunakan oleh peserta didik. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menggunakan web Sanggar Belajar yaitu jaringan internet, sistem server yang bermasalah, selain itu terdapat beberapa peserta didik yang kurang fokus dalam pembelajaran. Adapun solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar adalah dengan memperhatikan dan meningkatkan 1) kebijakan dan perencanaan, 2) Kepemimpinan, 3) Infastruktur dan sumber daya, 4) Manajemen, 5) kemampuan dan kompetensi mengajar dari guru, dan 6) tingkat dukungan teknis.
Uncontrolled Keywords: Instructional Media, Web Sanggar Learn, Pancasila and Citizenship Education. Media Pembelajaran, Web Sanggar Belajar, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Ma'rifah Ma'rifah Tuddiniyah
Date Deposited: 16 Aug 2024 11:04
Last Modified: 16 Aug 2024 11:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40537

Actions (login required)

View Item View Item