Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR PREHEATING DAN ARAH ROLL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO ALUMINIUM 1100 HASIL PROSES REPETITIVE PRESS ROLL FORMING

Aziz, Faris (2018) PENGARUH VARIASI TEMPERATUR PREHEATING DAN ARAH ROLL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO ALUMINIUM 1100 HASIL PROSES REPETITIVE PRESS ROLL FORMING. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FARIS AZIZ 3334130485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI FARIS AZIZ 3334130485.pdf

Download (8kB)

Abstract

Perkembangan industri otomotif terus berkembang seiring dengan majunya teknologi otomotif, permintaan produk otomotif terus meningkat setiap tahunnya. Pemilihan material terus dilakukan untuk menunjang efisiensi penggunaan bahan bakar namun juga tetap memperhatikan keselamatan. Dalam industri otomotif penggunaan aluminium saat ini sangat digunakan khususnya pada spareparts dan body mobil, berbagai metode terus di kembangkan untuk memperbaiki sifat mekanik dari aluminium. Salah satu metode yang saat ini dikembangkan untuk memperbaiki sifat mekanis dari aluminium dengan teknologi SPD (Severe Plastic Deformation) adalah metode RPRF (Repetitive Press Roll Forming) prosesnya meliputi preheating, repetitive press dan rolling. Aluminium 1100 dilakukan RPRF dengan reduksi 50% variasi temperatur preheating 250°C, 300°C, dan 350°C serta variasi arah roll yaitu normal direction, transverse direction, dan normal & transverse direction. Pengujian sifat mekanik material 1100 dilakukan dengan uji keras dan uji tarik, pengamatan struktur mikro untuk mengetahui ukuran butir, jarak interface bonding dan porositas pada aluminium 1100. Analisa mikrostruktur dari pengamatan metalografi menggunakan mikroskop optik dan aplikasi image J untuk mengukur ukuran butir serta jarak interface bonding. Setelah proses RPRF sifat mekanik aluminium 1100 mengalami kenaikan yang sangat signifikan karena adanya strain hardening pada saat proses RPRF. Perubahan ukuran dan morfologi butir terjadi pada aluminium 1100, dari mulai As Received hingga setelah RPRF. Proses RPRF menghasilkan butir pipih. Ukuran butir sangat mempengaruhi sifat mekanik dari aluminium 1100, semakin kecil ukuran butir maka sifat mekanik semakin meningkat. Temperatur preheating mempengaruhi ukuran butir pada proses RPRF, pada penelitian ini semakin rendah temperatur preheating ukuran butir semakin halus. Arah roll mempengaruhi pergerakan dislokasi pada proses RPRF. Nilai kekerasan dan kekuatan tertinggi pada penelitian ini yaitu sampel temperatur preheating 250°C normal direction sebesar 49,42 HV dan 132,164 MPa dengan ukuran butir 0,905 µm, interface bonding terbaik pada sampel temperatur 350°C normal direction sebesar 1,37 µm. Porositas pada aluminium 1100 dapat mempengaruhi performa dari aluminium 1100, jumlah porositas terendah setelah proses RPRF pada sampel 350°C normal dan transverse direction 1,45%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorZulaida, Yeni MurianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aluminium 1100, Repetitive Press Roll Forming, Arah roll, Sifat Mekanik, Interface bondong.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Aug 2024 11:04
Last Modified: 09 Aug 2024 11:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40396

Actions (login required)

View Item View Item