Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kafe Cavelet)

Sulastri, Ratu (2024) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kafe Cavelet). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 fullteks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (SKRIPSI)
RATU SULASTRI_5554200060 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RATU SULASTRI_5554200060 01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas konsumen dengan studi kasus pada Kafe Cavelet. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, etika bisnis menjadi landasan penting untuk keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan. Etika bisnis Islam yang mencakup nilai-nilai kejujuran, penggunaan barang berkualitas baik, membangun hubungan baik dengan konsumen, etika menetapkan harga, ihsan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di Kafe Cavelet mampu meningkatkan loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan yang baik, kejujuran dalam transaksi, serta sikap adil dan bertanggung jawab terhadap konsumen. Dengan demikian, prinsip-prinsip etika bisnis Islam dapat menjadi strategi efektif dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen di industri kafe. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam diterapkan di Kafe Cavelet dan bagaimana penerapan tersebut mempengaruhi loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik bisnis Islam yang dilakukan Cavelet Cafe telah dijalankan sesuai dengan kegiatan bisnis Islam yang berlandaskan pada etika bisnis Islam. Akan tetapi, cavelet cafe ini belum sepenuhnya menerapkan indikator membangun hubungan baik dengan konsumen dan ihsan atau kebajikan dalam melayani konsumen. Loyalitas konsumen di Kafe Cavelet ditunjukkan melalui tingginya tingkat kepuasan, kepercayaan, dan komitmen untuk melakukan pembelian ulang. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYIHABUDIN, SYIHABUDIN196701102002121001
Thesis advisorFAKHRUDIN, MUHAMAD198504172019031010
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas konsumen dengan studi kasus pada Kafe Cavelet. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, etika bisnis menjadi landasan penting untuk keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan. Etika bisnis Islam yang mencakup nilai-nilai kejujuran, penggunaan barang berkualitas baik, membangun hubungan baik dengan konsumen, etika menetapkan harga, ihsan diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di Kafe Cavelet mampu meningkatkan loyalitas konsumen melalui kualitas pelayanan yang baik, kejujuran dalam transaksi, serta sikap adil dan bertanggung jawab terhadap konsumen. Dengan demikian, prinsip-prinsip etika bisnis Islam dapat menjadi strategi efektif dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen di industri kafe. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam diterapkan di Kafe Cavelet dan bagaimana penerapan tersebut mempengaruhi loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik bisnis Islam yang dilakukan Cavelet Cafe telah dijalankan sesuai dengan kegiatan bisnis Islam yang berlandaskan pada etika bisnis Islam. Akan tetapi, cavelet cafe ini belum sepenuhnya menerapkan indikator membangun hubungan baik dengan konsumen dan ihsan atau kebajikan dalam melayani konsumen. Loyalitas konsumen di Kafe Cavelet ditunjukkan melalui tingginya tingkat kepuasan, kepercayaan, dan komitmen untuk melakukan pembelian ulang. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Konsumen, Kafe Cavelet, Strategi Bisnis Islamic Business Ethics, Consumer Loyalty, Cavelet Cafe, Business Strategy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Ratu Sulastri
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:12
Last Modified: 16 Aug 2024 15:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40273

Actions (login required)

View Item View Item