Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MODIFIKASI HIDROGEL POLI N-ISOPROPIL AKRILAMIDA /POLIVINIL ALKOHOL MENGGUNAKAN KITOSAN UNTUK PELEPASAN OBAT DIABETES TIPE II

ANANTA, CLAUDIA VIVI and MAULINA, FISTIA (2018) MODIFIKASI HIDROGEL POLI N-ISOPROPIL AKRILAMIDA /POLIVINIL ALKOHOL MENGGUNAKAN KITOSAN UNTUK PELEPASAN OBAT DIABETES TIPE II. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
LAPORAN PENELITIAN CLAU-FISTIA 2018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Diabetes mellitus (DM) merupakan sebuah penyakit, di mana kondisi kadar glukosa di dalam darah melebihi batas normal, salah satu obat yang digunakan adalah Metformin HCl, yang memiliki efek samping gastrointestinal, dan penggunaannya secara konvensional. Metformin HCl dikembangkan dalam sistem pelepasan obat terkontrol pada hidrogel. Hidrogel thermo- dan pH-sensitif dapat dibuat dari kitosan dan poli-N isopropil akrilamida yang ditambahkan polivinil alkohol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pH dan temperatur dalam sistem pelepasan metformin HCl yang terkontrol. Prosedur awal dari penelitian ini adalah preparasi bahan baku, yaitu poli vinil alkohol, kitosan, dan n-isopropilakrilamida. Bahan-bahan tersebut dicampurkan dan ditambahkan dengan obat metformin HCl, kemudian dihomogenisasi hingga homogen dengan menggunakan stirrer. Setelah itu, memasukan campuran hidrogel ke dalam botol vial 5 ml lalu dilakukan freezing and thawing. Setelah melewati dua siklus, melakukan iradiasi gamma dengan 20 kGy pada suhu kamar. Hasil radiasi yang berupa gel kemudian dikeluarkan dari botol dan dikarakterisasi sifat fisiknya yang meliputi uji lepas metformin HCL dalam hidrogel, fraksi gel, daya serap air, dan FTIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidrogel Polivinil Alkohol (PVA) – Kitosan – NIsopropilakrilamida dapat disintesis dengan nilai fraksi gel sebesar 85% dan daya serap air pada jam ke-24 sebesar 373% serta pelepasan obat telah sesuai dengan target lokasi tubuh untuk pelepasan obat metformin HCl yaitu pada kondisi pH 3 dan 6,86 di suhu 37 o C.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBarleany, Dhena RiaUNSPECIFIED
Thesis advisorErizal, ErizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, Hidrogel, Metformin HCl, Pelepasan Obat Terkontrol
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Aug 2024 15:07
Last Modified: 07 Aug 2024 15:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40165

Actions (login required)

View Item View Item