Fernando, Marco (2024) Analisis Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Bagi Peningkatan Pelayanan Bus Rapid Trans Tangerang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_CP.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_02.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_03.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_04.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_05.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_REF.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
MARCO FERNANDO_6670180123_01.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
Abstract
Bus Rapid Trans Tangerang merupakan pelayanan transportasi umum, yang menyelenggarakan pemanfaatan teknologi dalam proses pembayaran tarif. BRT Tangerang telah mengembangkan berbagai sistem pembayaran non tunai sebagai upaya optimalisasi pelayanan, salah satunya berbentuk Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Sistem pembayaran tarif angkutan dengan QRIS merupakan salah satu layanan yang dapat digunakan dalam item pembayaran non tunai BRT Tangerang, namun masalahnya masih banyak pengguna BRT yang justru masih melakukan pembayaran secara tunai, padahal pengelola BRT Tangerang telah mengupayakan pembayaran non tunai untuk meningkatkan pelayanan dengan sistem yang lebih efisiens. Atas dasar latar belakang tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penyelenggaraan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) oleh Bus Rapid Transit Tangerang. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan BRT Tangerang dengan pemanfaatan produk jasa keuangan yang menyediakan layanan QRIS serta kemudahan dalam memonitor jumlah pengguna BRT melalui sistem sinkronisasi dana yang masuk dari proses pemungutan tarif. Meskipun masih ada masyarakat yang membayar secara tunai, tetapi diupayakan pembayaran non tunai dengan QRIS dan metode lainnya dapat diselenggarakan secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Additional Information: | Bus Rapid Trans Tangerang merupakan pelayanan transportasi umum, yang menyelenggarakan pemanfaatan teknologi dalam proses pembayaran tarif. BRT Tangerang telah mengembangkan berbagai sistem pembayaran non tunai sebagai upaya optimalisasi pelayanan, salah satunya berbentuk Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Sistem pembayaran tarif angkutan dengan QRIS merupakan salah satu layanan yang dapat digunakan dalam item pembayaran non tunai BRT Tangerang, namun masalahnya masih banyak pengguna BRT yang justru masih melakukan pembayaran secara tunai, padahal pengelola BRT Tangerang telah mengupayakan pembayaran non tunai untuk meningkatkan pelayanan dengan sistem yang lebih efisiens. Atas dasar latar belakang tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penyelenggaraan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) oleh Bus Rapid Transit Tangerang. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan BRT Tangerang dengan pemanfaatan produk jasa keuangan yang menyediakan layanan QRIS serta kemudahan dalam memonitor jumlah pengguna BRT melalui sistem sinkronisasi dana yang masuk dari proses pemungutan tarif. Meskipun masih ada masyarakat yang membayar secara tunai, tetapi diupayakan pembayaran non tunai dengan QRIS dan metode lainnya dapat diselenggarakan secara menyeluruh. | ||||||
Uncontrolled Keywords: | elayanan, Pembayaran, Pengelolaan, Transportasi, Sistem Service, Payment, Management, Transportation, Sistem | ||||||
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) | ||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan |
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:23 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:23 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/40154 |
Actions (login required)
View Item |