Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

Firdaus, Rangga (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Rangga Firdaus_4441200067_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)

Abstract

Online shopping activities are the main means for consumers to obtain various products without having to go to the seller's place. Modern consumers show a low level of trust in online stores, more influenced by others whom they perceive as more honest and reliable. This research aims to analyze the simultaneous and partial influence of trust, service, and product quality on online shopping decisions, identifying the most dominant variables influencing these decisions. This study utilizes a quantitative research approach, involving a sample of 88 respondents analyzed by multiple linear regression. The coefficient of determination (R2 ) indicates that the studied independent variables can explain 39% of trust, service, and product quality, with the remaining 61% explained by other factors. The results of the partial test reveal that trust and product quality individually or partially have a significant impact on online shopping decisions. While service does not have a significant impact on online shopping. Simultaneous testing explains that trust, service, and product quality together or simultaneously have a significant influence on online shopping decisions. The most dominant variable is product quality, the dominant consumer is female, and the most preferred marketplace is Shopee.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMULYATI, SRI196107102003122001
Thesis advisorGUNAWAN, GUGUN196211102000121001
Additional Information: Aktivitas belanja online menjadi sarana utama bagi konsumen untuk memperoleh berbagai produk tanpa harus pergi ke tempat penjual secara langsung. Namun meskipun belanja online cukup populer dikalangan mahasiswa saat ini masih terdapat keluhan dari mahasiswa itu sendiri seperti kualitas produk yang diterima berbeda dengan yang ditampilkan di marketplace. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Belanja Online pada Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode analisis penelitian dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan, Pelayanan, dan Kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online. Hasil ini dibuktikan dengan F hitung > F tabel yaitu 22.956 > 2,71. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online hasil ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 2,438 > 1,988. Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online hasil ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 3.646 < 1,988. Sedangkan variabel Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online hasil ini dibuktikan dengan t hitung < t tabel yaitu 1.408 < 1,988. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan, Pelayanan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online, sedangkan secara parsial hanya Pelayanan tidak berpengaruh siginfikan dan Kualitas Produk adalah variabel yang dominan berpengaruh. Selain itu, karakteristik konsumen lebih banyak adalah perempuan serta marketplace yang paling diminati oleh konsumen yaitu Shopee.
Uncontrolled Keywords: Trust, Service, Product quality, shopping decisions
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Rangga Firdaus
Date Deposited: 20 Aug 2024 10:33
Last Modified: 20 Aug 2024 10:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item View Item