Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MONITORING PROSES FLOTASI KOLOM PADA BIJIH SPHALERITE MENGGUNAKAN KAMERA DENGAN VARIASI PERSEN SOLID DAN LAJU ALIR UDARA TERHADAP RECOVERY

Stephani, Yulia (2018) MONITORING PROSES FLOTASI KOLOM PADA BIJIH SPHALERITE MENGGUNAKAN KAMERA DENGAN VARIASI PERSEN SOLID DAN LAJU ALIR UDARA TERHADAP RECOVERY. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
DRAFT YULIA STEPHANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK..pdf

Download (111kB)

Abstract

Sphalerite merupakan mineral paling penting dalam pembentukan logam seng. Berdasarkan PERMEN ESDM No.5 Tahun 2017 dinyatakan bahwa kadar konsentrat seng untuk dapat diekspor memiliki nilai ≤51%. Untuk itu perlu dilakukan proses benefisiasi terhadap bijih sphalerite guna memenuhi persyaratan untuk dapat melakukan penjualan konsentrat. Flotasi adalah proses pemisahan mineral berharga dari pengotornya berdasarkan sifat permukaan mineral. Flotasi kolom adalah teknologi flotasi tanpa agitator sebagai penghasil gelembung udara seperti mesin flotasi konvensional. Karakteristik gelembung udara menentukan recovery yang berkaitan dengan seberapa banyak mineral yang dapat diapungkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan monitoring proses pada daerah collection zone untuk mendapatkan gambar secara real time menggunakan kamera 960 FPS agar dapat diketahui efisiensi proses flotasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persen solid dan laju alir udara terhadap recovery dan mengetahui efisiensi proses berdasarkan kesesuaian gambar yang diperoleh dari kamera dengan fraksi gelembung udara dalam kolom. Proses flotasi dilakukan dengan variasi persen solid 7,5%; 10%; 12,5%; dan 15%. Laju alir udara 2-4 L/menit interval 0,5. Reagen flotasi yang digunakan adalah aktivator CuSO4 500 g/ton, pH regulator NaCO3 500 g/ton; collector PAX 500 g/ton; dan frother dowfroth 1012 30 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa recovery meningkat seiring meningkatnya laju alir udara dan persen solid, namun ketika telah mencapai batas optimum recovery akan menurun walaupun laju alir udara dan persen solid meningkat. Gas hold up meningkat seiring meningkatnya persen solid, lalu mengalami deviasi setelah melewati rentang laju alir udara tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOediyani, SoesaptriUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, DidiedUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sphalerite, Flotasi Kolom, Persen Solid, Kamera, Recovery.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jul 2024 11:40
Last Modified: 23 Jul 2024 11:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39231

Actions (login required)

View Item View Item