Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH VARIASI SIKLUS ROLLING DAN ARAH PENYUSUNAN SIC (SILIKON KARBIDA) TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK KOMPOSIT ALUMINIUM AA1100 HASIL METODE REPETITIVE PRESS ROLL FORMING (RPRF)

Shandy, Tri Alif (2018) PENGARUH VARIASI SIKLUS ROLLING DAN ARAH PENYUSUNAN SIC (SILIKON KARBIDA) TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK KOMPOSIT ALUMINIUM AA1100 HASIL METODE REPETITIVE PRESS ROLL FORMING (RPRF). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL DRAFT_TRI ALIF SHANDY_3334130142.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (34).pdf

Download (181kB)

Abstract

Teknologi pada saat ini menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai macam aplikasi struktural, salah satunya dibidang industri otomotif. Dibutuhkannya material baru guna menunjang bidang industri otomotif. Untuk memenuhi kriteria komponen otomotif pada body mobil perlu adanya perbaikan sifat mekanik. Fabrikasi komposit dengan menggunakan matriks aluminium ditambah penguat keramik merupakan solusi yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan sifat mekanik AA 1100. Pengembangan proses yang dilakukan adalah proses penggabungan partikel SiC dengan matriks aluminium alloy 1100 dengan memvariasi jumlah siklus rolling 2, 4, dan 6 kali, serta arah penyusunan partikel SiC dengan variasi transverse, cross section, dan mix melalui proses cold working dengan teknologi severe plastic deformation (SPD) menggunakan metode repetitive press roll forming (RPRF). Dalam penelitian ini, Aluminium 1100 yang berbentuk lembaran dipotong menjadi 9 pasang yang berukuran 10 x 2 x 0,2 cm. 0,4% SiC sebagai penguat ditambahkan kedalam matriks Al 1100 ditumpuk menjadi satu. Kemudian dilakukan proses RPRF pada temperatur cold working 350 o C. Hasil akan ditentukan oleh pengamatan mikroskop optik, uji densitas, porositas, uji kekerasan, dan pengujian tarik. Hasil yang didapat sifat mekanik meningkat seiiring bertambahnya siklus roll dengan variasi mix arah peyusunan SiC menghasilkan distribusi SiC yang semakin luas kedalam matriks AA 1100. Rolling dengan siklus 6 dan arah penyusunan SiC mix menghasilkan kekerasan sebesar 55,54 HV, kuat tarik 90,46 Mpa, % porositas 0,33% densitas 1,831 gr/cm 3 dan distribusi SiC 23,19%. Meningkatnya jumlah siklus rolling maka ketebalan interface untuk lapisan yang terbentuk dan ukuran partikel SiC akan semakin menurun dikarenakan partikel SiC tersebar di sebagian besar matriks aluminium maka dapat meningkatkan nilai kekerasan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramono, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorZulaida, Yeni MurianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AA 1100, Komposit, Cold Working, RPRF, Interface Bonding
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2024 11:46
Last Modified: 22 Jul 2024 11:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/39074

Actions (login required)

View Item View Item