Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM SRI MAKMUR DESA SILEBU KECAMATAN KRAGILAN KABUPATEN SERANG

FIRMANSYAH, EKO (2012) PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM SRI MAKMUR DESA SILEBU KECAMATAN KRAGILAN KABUPATEN SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penerapan Metode Curah pendapat ( brainstorming) terhadap hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EKO FIRMANSYAH “Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Sri Makmur Desa Silebu Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang”. Keberadaan PKBM Sri Makmur yang terletak di Desa Silebu Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang sudah berjalan dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan seperti: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Keaksaraan Fungsional (KF), dan Pendidikan Kejar Paket A,B dan C yang di selenggarakan di PKBM Sri Makmur Desa Silebu. Warga belajar Keaksaraan Fungsional yang ada di PKBM Sri Makmur berjumlah 25 Orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 17 orang perempuan dengan rentang usia 17 s.d. 37 tahun dengan keterangan aktif. Penelitian ini diselenggarakan untuk mengetahui tentang Penerapan Metode Curah Pendapat yang diterapkan pada PKBM Sri Makmur dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar Keaksaraan Fungsional (KF). Penerapan metode curah pendapat ini di maksud untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan serta hasil belajar warga belajar yang kurang memuaskan, sehingga metode curah pendapat diambil dan diterapkan untuk menjadi solusi dalam pembelajaran. Penerapan metode curah pendapat yang diselenggarakan pada PKBM Sri Makmur Desa Silebu Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang mendapat tanggapan yang baik dari warga belajar yang ditandai dengan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar yang sangat baik. Tanggapan warga belajar pada metode curah pendapat yang diterapkan di PKBM Sri Makmur Desa Silebu Kecamatan Kragilan melalui kuisioner sangat baik/ memuaskan dapat dilihat pada tabel data tanggapan responden melalui kuisioner mendapat skor nilai 95% artinya hampir seluruh responden warga belajar menjawab bahwa pada penerapan metode curah pendapat dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar yang berada di PKBM Sri Makmur dengan hasil yang sangat baik. Begitu pula dengan tanggapan responden melalui wawancara bahwa sebagian besar warga belajar memberikan jawaban sangat baik terhadap metode curah pendapat yang diterapkan di PKBM Sri Makmur dalam proses penyelenggaraan pembelajaran dilihat dari adanya peningkatan proses dan hasil belajar warga belajar yang meningkat. Dengan penerapan metode curah pendapat yang dilakukan di PKBM Sri Makmur Desa Silebu dapat memberikan solusi yang sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional. Pada penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan seperti teknik observasi, wawancara, dan kuisioner. Setelah data penelitian ditabulasikan dan telah diuji melalui interpretasi data dengan menggunakan rumus prosentase. Sedangkan metode yang penulis gunakan adalah metode Deskriptif, yaitu; bertujuan untuk menggambarkan keadaan seseorang, lembaga, atau masyarakat tertentu padasaat sekarang ini, berdasarkan pada faktor-faktor yang nampak saja (Surface factor) di dalam situasi yang diselidiki (Suyatna Basar Atmaja, 1985 : 5).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, Suherman195962141985031003
Thesis advisorSholih, M196006141987021001
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:58
Last Modified: 27 Oct 2021 06:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item