Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA SD KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang

Novitasari, Puput (2014) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA SD KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar berbicara siswa sd kelas IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT Puput Novitasari, 2013 “The Application of Methods Play a Role Playing to Improve Student Learning Outcomes Speak SD Hump IV in Learning Indonesian”. Classroom Action Research In Class IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Action research generally aims to improve learning outcomes of students in the subjects speak indonesian grade IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Specifically aims to (1) describe the activities of students, and (2) know the learning outcomes of students who speak methods learning rifers to the application of role playing in class IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Second semester of academic year 2013–2014 on indonesian subjects in conversation material. Research conducted in two cycles, where each cycle consists of the planning, implementation, observation and reflection. First cycle consisted of two meetings as well as to the second cycle. Data from students activity explored with test result to learn to speak. The result showed that (1) activity grade IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Second semester of academic year 2013–2014 on indonesian subjects in conversation material the first cycle is the category of fairly, the second cycle is at once both categories, and (2) fourth grade students learning outcomes grade IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Second semester of academic year 2013–2014 on indonesian subjects in conversation experienced a significant increase after each cycle of learning application role playing. Keyword: speaking student learning outcomes, subjects Indonesian language learning, methods role playing, action research.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorSoetrisna, Denny195907281985111001
Additional Information: ABSTRAK Puput Novitasari, 2013 “Peneraapan Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Kelas IV dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Secara khusus bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas siswa dan (2) Mengetahui hasil belajar berbicara siswa yang mengacu pada penerapan metode pembelajaran role playing pada kelas IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang semester ganjil tahun ajaran 2013–2014 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Percakapan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan demikian pula halnya sampai siklus II. Data hasil aktivitas siswa digali dengan Tes Hasil Belajar Berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2013–2014 yang mengacu pada penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Percakapan disiklus I berada pada kategori Cukup, siklus II pada kategori Baik Sekali, dan (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Carenang 2 Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2013–2014 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Percakapan mengalami peningkatan yang signifikan dari tiap siklusnya setelah menerapkan metode pembelajaran role playing. Kata kunci: hasil belajar berbicara siswa, mata pelajaran Bahasa Indonesia, metode pembelajaran role playing, penelitian tindakan kelas.
Uncontrolled Keywords: speaking student learning outcomes, subjects Indonesian language learning, methods role playing, action research. hasil belajar berbicara siswa, mata pelajaran Bahasa Indonesia, metode pembelajaran role playing, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:53
Last Modified: 27 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item