Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN KATALIS HETEROGEN (CaO) BERBAHAN DASAR KULIT TELUR AYAM

Alan, Ega Erica and Mubarok, Ibnu (2020) PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN KATALIS HETEROGEN (CaO) BERBAHAN DASAR KULIT TELUR AYAM. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL LAPORAN - PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN KATALIS HETEROGEN (CaO) BERBAHAN DASAR KULIT TELUR AYAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (31).pdf

Download (423kB)

Abstract

Penggunaan katalis homogen seperti NaOH dan KOH yang memiliki kemampuan tinggi dalam menghasilkan biodiesel. Katalis ini memiliki kelemahan yaitu sulit dipisahkan dari campuran reaksi sehingga tidak dapat digunakan kembali dan akhirnya akan terbuang sebagai limbah yang dapat mencemari lingkungan. Katalis heterogen dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut, dengan memiliki fase yang berbeda maka proses pemisahan katalis dan produk akan lebih mudah. Katalis heterogen juga mampu digunakan secara berulang sehingga lebih ekonomis dan mengurangi potensi pembuangan limbah. Dari berbagai alternatif katalis heterogen, cangkang telur merupakan bahan katalis yang mengandung CaO yang paling mudah didapat dari lingkungan sekitar. Objek percobaan yaitu minyak jelantah sebagai bahan baku biodiesel dan cangkang telur sebagai bahan katalis yang akan diimpregnasi dengan KOH. Penelitian ini bertujuan mendapatkan katalis terbaik yang dapat menghasilkan biodiesel. Metode yang digunakan untuk memproduksi biodiesel adalah metode transesterifikasi. Preparasi biodiesel dilakukan dengan variasi suhu pada metode transesterifikasi 50°C, 60°C dan 70°C. Cangkang telur di preparasi dengan proses impregnasi pada variasi konsentrasi KOH/cangkang telur (25 gr KOH/100 ml, 35 gr KOH/100 ml, 45 gr KOH/100 ml, dan 55 gr KOH/100 ml). Waktu reaksi 1, 2, dan 3 jam dengan menggunakan konsentrasi katalis 2% terhadap jumlah minyak jelantah. Hasil penelitian didapatkan bahwa cangkang telur yang sudah dimodifikasi bisa menjadi katalis alternatif dalam pembuatan biodiesel serta diperoleh kondisi optimum pada katalis cangkang telur yaitu pada 35 gr KOH/100ml dengan suhu 60°C selama 2 jam, didapatkan biodiesel dengan yield, densitas, viskositas, flash point dan fatty acid methyl ester (FAME) berturut-turut sebesar 89,38%, 0,889 g/mL , 5,0 cst, 132°C dan 97,53%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHartono, RudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: biodiesel, katalis heterogen, katalis homogen, minyak jelantah, transesterifikasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2024 10:55
Last Modified: 22 Jul 2024 10:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38822

Actions (login required)

View Item View Item