Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PROSES PRODUKSI COMBUSTION CHAMBER MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DI PT. SIEMENS INDONESIA

WIDIANTO, ADITYO (2018) ANALISIS PROSES PRODUKSI COMBUSTION CHAMBER MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DI PT. SIEMENS INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI Adityo Widianto 3333140196.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)

Abstract

PT. Siemens Indonesia adalah salah satu perusahaan manufaktur yang berfokus pada produksi Power Gas GenerationFokus dari penelitian ini adalah produk Combustion Chamber. Setelah dilakukan observasi pada workshop terdapat banyak kendala pemborosan aktivitas seperti waktu set up yang terlalu lama, overprocessing, kegiatan yang berulang serta perlu adanya pergantian mesin sudah tua atau penambahan mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan nilai PCE dan memperbaiki aktivitas yang menyebabkan produksi belum optimal, serta merancang simulasi untuk membandingkan hasil output dari simulasi kondisi eksisting dan usulan yang dipilih. Metode yang digunakan yaitu lean manufacturing dengan melakukan identifikasi dan eliminasi terhadap seven waste, lalu memetakan pemborosan untuk menentukan tools yang tepat dengan menggunakan VALSAT. Berdasarkan perhitungan pemborosan didapatkan persentase pemborosan tertinggi yaitu waiting sebesar 22.14%. Total waktu lead time process saat produksi Combustion Chamber sebesar 576.07 jam. Untuk mengurangi waktu lead time perlu dirancang perbaikan dengan menggunakan PAM, BPM, Simulasi Sistem, membandingkan antara kondisi simulasi sistem dan usulan terbaik dengan PCE. Berdasarkan PCE didapatkan peningkatan produksi dari 72.20% menjadi 78.46%. Usulan perbaikan ke-3 menjadi usulan perbaikan yang dipilih untuk mengoptimalkan output dari 30 unit menjadi 36 unit. Dengan melihat analisis kelayakan model dari usulan yang dipilih, model tersebut dikatakan layak dengan nilai IRR sebesar 30.62% dengan pengembalian modal investasi selama 1 tahun 6 bulan dan didapatkan nilai NPV sebesar Rp 317.660.165.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebianti, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Model, Lean Manufacturing, Pemborosan, Simulasi Sistem
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jul 2024 11:33
Last Modified: 18 Jul 2024 11:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38799

Actions (login required)

View Item View Item