Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SINTESIS DAN KARAKTERISASI HIDROGEL PVP - ALGINAT DENGAN PENAMBAHAN NANOPERAK SEBAGAI MATRIKS PEMBALUT LUKA SEBAGAI MATRIKS PEMBALUT LUKA

PRIAMBODO, NOVRI HERDY and ISMAN, RIDHO (2020) SINTESIS DAN KARAKTERISASI HIDROGEL PVP - ALGINAT DENGAN PENAMBAHAN NANOPERAK SEBAGAI MATRIKS PEMBALUT LUKA SEBAGAI MATRIKS PEMBALUT LUKA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan TA_Novri & Ridho_Teknik Kimia_Untirta_2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract TA_Novri & Ridho_Teknik Kimia_Untirta_2021.pdf

Download (11kB)

Abstract

Luka pada tubuh, khususnya dibagian luar seperti kulit umumnya diakibatkan oleh infeksi mikroba yang terdapat di lingkungan sekitar. Pembalut luka dengan kemampuan mengontrol eksudat luka dapat menyediakan lingkungan luka yang optimal agar meminimalisir terjadinya infeksi. Pemilihan material penyusun pembalut luka dalam penelitian ini adalah PVP dan alginat. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah penggunaan PVP alginat sebagai material penyusun hidrogel dengan menggunakan metode iradiasi gamma dan penambahan nanoperak terstabilisasi iota karagenan. Alginat dengan penambahan PVP membentuk ikatan silang pada hidrogel dan nanoperak (AgNPs) berperan sebagai agen antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah membuat hidrogel yang memiliki sifat antibakteri dan menjaga keseimbangan kelembaban pada lingkungan luka untuk proses penyembuhan luka serta mengetahui pengaruh komposisi dan dosis iradiasi gamma yang optimum dalam pembuatan matriks hidrogel dengan vasiasi yang diperoleh menggunakan metode Response Surface Methodology (RSM). Hidrogel dengan penambahan AgNPs diuji dengan beberapa analisa meliputi fraksi gel, daya serap air (swelling), uji tarik, uji aktivitas antibakteri, laju perpindahan uap air (Water Vapour Transmission Rate), Fourier Transform Infrared (FTIR), X-Ray Diffraction (XRD), Spektrofotometri UV-Vis AgNPs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidrogel PVP/alginat dengan penambahan AgNPs memiliki variasi terkonfirmasi pada dosis iradiasi gamma 18,225 kGy dan konsentrasi 0,2% (w/v) alginat dengan nilai fraksi gel sebesar 20,6327 ± 0,5660%. Nilai daya serap air variasi terkonfirmasi sebesar 1815,0941 ± 78,7675 %. Nilai laju perpindahan uap air sebesar 6232,9 ± 553.9 g/m 2 day. Uji tarik menunjukkan nilai regangan rerata sebesar 17,083 ± 3,129% dan nilai tegangan rerata sebesar 20,528 ± 4,343 MPa. Uji antibakteri menunjukkan adanya penghambatan pertumbuhan sel bakteri dengan efektivitas yang terbatas. Pembalut luka ini direkomendasikan sebagai pembalut luka antibakteri dengan jenis luka dengan eksudat tinggi dan termasuk kedalam pembalut luka komersial.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBarleany, Dhena RiaUNSPECIFIED
Thesis advisorPerkasa, Dian PribadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Hidrogel, Iradiasi, Nanoperak, Pembalut Luka
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jul 2024 09:20
Last Modified: 18 Jul 2024 09:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38729

Actions (login required)

View Item View Item