Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA DAN PENGUJIAN STRESS COROSSION CRACKING MENGGUNAKAN METODE U-BEND BAJA AISI 410-3Mo 3Ni DENGAN VARIASI SUHU DAN KONSENTRASI LARUTAN

SUGANDI, MOH. TRI (2018) ANALISA DAN PENGUJIAN STRESS COROSSION CRACKING MENGGUNAKAN METODE U-BEND BAJA AISI 410-3Mo 3Ni DENGAN VARIASI SUHU DAN KONSENTRASI LARUTAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Moh. Tri Sugandi (3331120657).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Korosi merupakan suatu gejala kerusakan material khususnya logam akibat berinteraksi dengan lingkungan. Korosi pada umumnya menyebabkan kerugian karena korosi menimbulkan berbagai kerusakan yang cukup parah pada material. Baja tahan karat termasuk dalam baja paduan tinggi yang tahan terhadap korosi, suhu tinggi, ketangguhan dan suhu rendah. Salah satu jenisnya adalah baja tahan karat (Martensitic), tipe ini umumnya mengandung 11 – 13% Chromium. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku korosi material pada variasi suhu dan konsentrasi larutan media korosi pada baja tahan karat tipe martensitic 13 Cr tipe 410 dengan penambahan 3Mo 3Ni dengan metode immersion u-bend stress. Pada proses immersion lingkungan korosif yang digunakan adalah dengan konsentrasi NaCl 3,5%, 10% dan 20%, serta variasi suhu 60℃, 80℃ dan suhu kamar selama 120 jam, kemudian dilakukan pengukuran berat untuk mengetahui weight loss pada benda uji dan selanjutnya dilakukan pengamatan struktur mikro untuk mengetahui karakteristik korosi yang timbul. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa semakin tinggi konsentrasi larutan NaCl dan suhu media korosi maka laju korosi akan semakin besar, namun pada suhu tertinggi laju korosi cenderung menurun dikarenakan oksigen terlarut. Jenis korosi yang muncul adalah korosi sumuran (pitting corrosion) dan korosi retak tegang yang timbul pada permukaan sampel yang terkena deformasi (bending).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUNARDI, SUNARDIUNSPECIFIED
Thesis advisorMabruri, EfendiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: korosi, baja tahan karat 13Cr, immersion, u-bend stress
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:50
Last Modified: 15 Jul 2024 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38509

Actions (login required)

View Item View Item