Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN UNTUK MEMINIMASI KEGAGALAN POTENSIAL PADA PROSES PRODUKSI BAJA LEMBARAN DINGIN DENGAN LEAN SIX SIGMA DAN MULTI ATTRIBUTE FAILURE MODE ANALYSIS DI PT XYZ

RAMADHANIA, SHERIN (2018) USULAN PERBAIKAN UNTUK MEMINIMASI KEGAGALAN POTENSIAL PADA PROSES PRODUKSI BAJA LEMBARAN DINGIN DENGAN LEAN SIX SIGMA DAN MULTI ATTRIBUTE FAILURE MODE ANALYSIS DI PT XYZ. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SHERIN RAMADHANIA 3333141871 FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
SHERIN RAMADHANIA 3333141871 ABSTRAK.pdf

Download (879kB)

Abstract

Lean six sigma digunakan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan waste yang tidak bernilai tambah dengan peningkatan terus-menerus mencapai target kinerja 6 sigma. Multi Attribute Failure Mode Analysis (MAFMA) merupakan metode yang untuk mengatasi kelemahan yang terdapat pada FMEA dengan mempertimbangkan aspek ekonomi. PT XYZ merupakan industri baja terbesar di Indonesia. Selama proses produksinya masih terdapat waste defect dalam jumlah besar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan waste yang terjadi pada proses produksi, menentukan karakteristik cacat atau CTQ, menentukan nilai sigma, menentukan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan proses produksi, dan menentukan usulan perbaikan untuk meminimasi kegagalan proses produksi. Jenis cacat yang paling dominan adalah serrated edge, defect wavy edge, defect poor cleanliness, defect pick up, defect edge crack, defect ripple edge, dan defect bad weld. Nilai sigma produk baja lembaran dingin sebesar 4,131 dan masuk ke dalam rata-rata Industri USA (±4 ). Faktor yang menyebabkan proses produksi baja lembaran dingin mengalami kegagalan proses produksi berdasarkan kriteria severity, occurrence, detection, dan expected cost dengan pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) adalah material disupply impor dari luar dengan bobot total sebesar 0,087. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk meminimasi kegagalan pada proses produksi baja lembaran dingin adalah melakukan trial produk dari pabrik HSM untuk menguji atau mengetahui spesifikasi slab yang berkaitan dengan kandungan kimia penyusun baja dan melakukan penyesuaian terhadap format (seperti tebal, panjang, lebar) dan spesifikasi baja agar sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUlfah, MariaUNSPECIFIED
Thesis advisorEkawati, RatnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Critical to Quality (CTQ), Failure Mode Effect and Analysis (FMEA), Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP), Lean Six Sigma, Multi Attribute Failure Mode Analysis (MAFMA).
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 14:50
Last Modified: 15 Jul 2024 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38506

Actions (login required)

View Item View Item