Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RANCANG BANGUN ALAT PENGATUR SUDUT PITCH DARRIEUS PADA HYBRID DARRIEUS SAVONIUS VERTICAL AXIS WIND TURBINE (SULTAN WIND TURBINE V- 4.5)

YUDIYANTO, ADITYA EKA (2019) RANCANG BANGUN ALAT PENGATUR SUDUT PITCH DARRIEUS PADA HYBRID DARRIEUS SAVONIUS VERTICAL AXIS WIND TURBINE (SULTAN WIND TURBINE V- 4.5). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
4. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
1. Abstrak dua bahasa.pdf

Download (117kB)

Abstract

Sultan Wind Turbin v-4.5 merupakan Double Pillar Hybrid Vertical Axis Wind Turbine yang memiliki dua buah rotor sudu darrieus. Dari hasil riset membuktikan bahwa sudut pitch merupakan factor yang berpengaruh terhadap performa turbin. Untuk meningkatkan performa yang optimal dari Sultan Wind Turbine V4.5 maka memerlukan pengujian experimental terhadap pitch sudut sudu darrieus. Maka perlu dikembangkan sebuah device (mekanisme) yang dapat berfungsi sebagai pengatur sudut pada sudu darrieus Double Pilar Hybrid Vertical Axis Wind Turbine (Sultan Wind Turbine V-4.5). Perancangan dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap perancangan secara teoritis dengan hasil perhitungan torsi yang didapat sebesar 0,9 Nm dan secara konseptualisasi desain yang telah dilakukan simulasi didapat nilai SF sebesar 6. Tahap selanjutnya melakukan pengujian performa dengan uji torsi dan uji fungsi. Uji torsi dilakukan dengan sekematik diluar turbin dan mendapat nilai tahanan torsi alat sebesar 3,556 Nm. Uji fungsi dilakukan pada turbin. Alat mampu menahan torsi pada saat pengujian performa dengan rentan kecepatan angin sebesar 0 sampai dengan 3 m/s dengan nilai torsi maksimal dikecepatan angin 1 m/s sebesar 0,113 Nm, untuk dikecepatan angin 2 m/s sebesar 0,514 Nm, untuk dikecepatan angin 3 m/s sebesar 0,674 Nm. Dimana nilai tersebut masih dibawah nilai pengujian torsi dimana nilainya sebesar 3,556 Nm.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin, ErwinUNSPECIFIED
Thesis advisorWiyono, SlametUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sudut Pitch, Pengatur sudut sudu Darrieus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jul 2024 13:21
Last Modified: 15 Jul 2024 13:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38457

Actions (login required)

View Item View Item