Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) UNTUK MITIGASI SERANGAN DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE (DDOS) PADA JARINGAN MOBILE IPV6

ROBBY, FADLI (2022) IMPLEMENTASI INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) UNTUK MITIGASI SERANGAN DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE (DDOS) PADA JARINGAN MOBILE IPV6. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Fadli Robby_3332170102_Skripsi Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (11).pdf

Download (30kB)

Abstract

Kemajuan tekonologi membuat semua orang dapat terhubung melalui internet. Salah satu kemutakhiran teknologi internet ialah jaringan MIPv6 yang merupakan protokol komunikasi yang menggunakan alamat IPv6 terdaftar pada konektivitas jaringan sebelumnya sehingga pada saat perangkat terhubung ke jaringan yang berbeda tidak memerlukan konfigurasi ulang. Kemudahan tersebut dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan serangan DDoS yang dapat melumpuhkan sumber daya jaringan. Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengatasi serangan tersebut salah satunya dengan mengimplementasikan sistem keamanan IPS yang telah terintegrasi otomatis dengan IP6Tables melalui NFQ mode. Pada penelitian ini, IPS Suricata digunakan sebagai upaya mitigasi terhadap serangan DDoS. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, IPS mampu memblokir paket serangan dalam waktu 2,6 s di CN, 1,3 s di HA dan 1,05 s di MN via HA, menaikkan nilai rata-rata throughput menjadi 92,18% saat MN di home link dan 87,40% saat MN di foreign link, mengembalikan rata-rata delay menjadi 94,74% saat MN di home link dan 88,17% saat MN di foreign link serta menurunkan beban kerja CPU yang tinggi karena serangan DDoS menjadi 92,05% di CN, 93,60% di HA dan 94,73% di MN.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSupriyanto, SupriyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorAdipura, CakraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mobile IPv6, Distributed Denial of Service, IPS Suricata, IP6Tables
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Jul 2024 12:51
Last Modified: 12 Jul 2024 12:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/38328

Actions (login required)

View Item View Item