ROPILAH, ETI (2017) PENGARUH MODEL ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA K.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
The objectives of this research is to know how is the influence of articulation model toward students´ listening skill in indonesia subject. The research is experimental research with pre-test and pos-test. The research was carried out at SDN Saga II. The subject of the research are the students of the five grade consisting of 25 students. Since, the research uses experimental research, the data is gathered through pretest and posttest. Technique of data analysing is using t test. Result of this research shows that find significant influence in articulation model towards students´ listening skill of the five grade at SDN Saga II. It is shown from percentage t arithmetic greater then t table (24.41>1.71088), with significant percentage 0.000 less than 0.05 (0.000.<0.05). In addition there are also found different influence of articulation model in students´ listening skill learning of the five grade compared using direct learning. Shown from result of average score in post-test using articulation model greater than post-test score using direct learning model. The magnitude of the increase in the level of listening skill of the five grade at SDN Saga II trough using articulation model by 1,12
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada keterampilan menyimak dengan menggunakan model artikulasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Saga II yang berjumlah 25 siswa, instrument dalam penelitian ini berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model artikulasi terhadap efektifitas pembelajaran keterampilan menyimak siswa kelas V SD di SDN Saga II. Hal ini ditunjukan dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (24,41>1,71088), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Selain itu juga terdapat perbedaan pengaruh model artikulasi dalam pembelajaran keterampilan menyimak siswa kelas V SD di SDN Saga II dibandingkan menggunakan model pembelajaran langsung yang ditunjukan dari hasil nilai rata-rata pada posttest yang menggunakan model artikulasi lebih besar dari pada nilai posttest yang menggunakan model pembelajaran langsung. Besarnya peningkatan tingkat keterampilan menyimak siswa kelas V SD di SDN Saga II yang diajarkan menggunakan model artikulasi sebesar 1,12. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 03:43 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3827 |
Actions (login required)
View Item |