Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SINTESIS BIOHIDROKARBON DARI SABUN MINYAK JELANTAH MELALUI PROSES PIROLISIS MENGGUNAKAN KATALIS ZEOLIT MORDENIT

Alfaritzy, Fahry and Catalysta, Cheka Darma (2022) SINTESIS BIOHIDROKARBON DARI SABUN MINYAK JELANTAH MELALUI PROSES PIROLISIS MENGGUNAKAN KATALIS ZEOLIT MORDENIT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Penelitian_Cheka_Fahry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK LAPORAN PENELITIAN SINTESIS BIOHIDROKARBON DARI SABUN MINYAK JELANTAH MELALUI PROSES PIROLISIS MENGGUNAKAN KATALIS ZEOLIT MORDENIT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Biohidrokarbon merupakan bahan bakar alternatif yang mengandung atom C dan H yang dapat diperoleh dari minyak tumbuhan dan lemak hewan. Biohidrokarbon dapat diperbaharui, biodegradable, ramah lingkungan dan tidak beracun. Objek percobaan menggunakan sabun minyak jelantah sebagai bahan baku. Metode yang digunakan untuk memproduksi biohidrokarbon adalah pirolisis sabun minyak jelantah dengan katalis. Katalis yang digunakan dalam percobaan adalah katalis zeolit mordenit sintetis dan katalis zeolit alam bayah. Penelitian ini mempelajari pengaruh penggunaan katalis alam dan sintetis serta pengaruh perlakuan asam pada katalis terhadap kuantitas dan kualitas biohidrokarbon yang dihasilkan. Prosedur pembuatan biohidrokarbon diawali dengan pembuatan sabun dengan bahan dasar minyak jelantah dan melakukan sintesis katalis zeolit mordenit dengan rasio Si/Al 7 dan kemudian melakukan perlakuan asam pada katalis zeolit sintetis dan alam. Karakterisasi zeolit yang dilakukan meliputi analisis XRD, FTIR, dan BET. Kemudian katalis dan sabun dengan rasio 0,2 digunakan dalam reaksi pirolisis dengan mempelajari waktu reaksi. Produk bio-oil yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan analisis GCMS untuk menentukan komposisi biohidrokarbon. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa minyak dengan kuantitas dengan menggunakan katalis zeolit alam bayah dan dari segi kualitas menghasilkan minyak yang memiliki kemiripan dengan green diesel dan fraksi rantai karbon kerosin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pirolisis ini berhasil merengkah rantai karbon yang panjang dari sabun minyak jelantah menjadi minyak yang memiliki rantai karbon lebih pendek yaitu olefin, parafin, keton, dll.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKurniawan, TeguhUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biohidrokarbon, Mordenit, Pirolisis, Sabun, Zeolit
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:31
Last Modified: 11 Jul 2024 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37998

Actions (login required)

View Item View Item