Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENJADWALAN FLOW SHOP MESIN PARALEL MENGGUNAKAN METODE LONGEST PROCESSING TIME DAN CROSS ENTROPY-GENETIC ALGORITHM DI PT XYZ

Rubyanti, Tania Ero (2019) PENJADWALAN FLOW SHOP MESIN PARALEL MENGGUNAKAN METODE LONGEST PROCESSING TIME DAN CROSS ENTROPY-GENETIC ALGORITHM DI PT XYZ. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI_3333150065_FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
SKRIPSI_3333150065_Sampai Abstrak.pdf

Download (918kB)

Abstract

Sistem produksi di sebuah perusahaan pabrikasi seringkali mengalami permasalahan salah satunya adalah ketika perusahaan tidak mampu mengirim order kepada customer di batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan harus menanggung biaya pinalti. Masalah ini dapat diatasi apabila dilakukannya penjadwalan produksi dengan baik. Pentingnya penjadwalan produksi adalah untuk mengelola dengan tepat sumber daya yang ada agar terciptanya efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Salah satu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penjadwalan yang optimal adalah dengan meminimalkan makespan. Penelitian ini dilakukan disebuah perusahaan pabrikasi, yang memiliki sistem produksi make to order dengan alur produksi flow shop dan susunan mesin paralel. Salah satu keterlambatan pengiriman terjadi ketika pembuatan Steel Bridge B-60 yang merupakan salah satu dari jenis jembatan Truss Bridge. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan heuristic metode LPT (Longest Processing Time) dan pendekatan metaheuristic dengan menggunakan metode Cross Entropy yang dikombinasikan dengan Genetic Algorithm menjadi CEGA (Cross Entropy Genetic Algortihm) menggunakan bantuan software MATLAB. Metode eksisting menghasilkan makespan sebesar 9117 menit sedangkan metode usulan menghasilkan makespan sebesar 8394 menit dengan menggunakan metode LPT maupun CEGA. Maka metode usulan lebih baik dari metode eksisting dengan penurunan nilai makespan sebesar 7.94%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Thesis advisorIrman, AdeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cross Entropy, Genetic Algorithm, Longest Processing Time, Mesin Paralel, Penjadwalan Flow Shop
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2024 10:31
Last Modified: 11 Jul 2024 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37995

Actions (login required)

View Item View Item