Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUKURAN KUALITAS HIDUP PEKERJA PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN WORLD HEALTH ORGANIZATION QUALITY OF LIFE BREF VERSION (WHOQOL-BREF) (Studi Kasus pada Bagian Produksi di PT Pardic Jaya Chemicals)

WENI, DHEA ANEKO (2019) PENGUKURAN KUALITAS HIDUP PEKERJA PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN WORLD HEALTH ORGANIZATION QUALITY OF LIFE BREF VERSION (WHOQOL-BREF) (Studi Kasus pada Bagian Produksi di PT Pardic Jaya Chemicals). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Tugas Akhir Full Version (Dhea Aneko Weni_3333150045).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover - Abstrak (Dhea Aneko Weni_3333150045).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas hidup merupakan persepsi subjektif dari individu terhadap kondisi fisik, psikologis, sosial, dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari yang dialaminya. Kualitas hidup pekerja perlu diperhatikan oleh perusahaan karena sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat berharga. PT Pardic Jaya Chemicals merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang memproduksi resin sintetis dan memiliki 5 area kerja. Pada kelima area kerja tersebut seluruh pekerja yang bekerja selalu berhubungan dengan mesin-mesin produksi dan menuntut pekerja untuk selalu fokus terhadap pengawasan dan pengontrolan proses produksi yang dilakukan. Aktivitas bekerja pekerja yang demikian berkaitan dengan kondisi kualitas hidup setiap pekerja, seperti fisik, psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan pengukuran mengenai kualitas hidup pekerja yang mencakup empat dimensi yaitu fisik, psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan. Rancangan penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengukur kualitas hidup pekerja adalah dengan menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lima area kerja dilihat dari fisik adalah “sedang” dan dilihat dari psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan adalah “baik dan sedang”. Pada area kerja P1 domain yang tergolong tinggi adalah fisik, pada F1 adalah hubungan sosial, pada P2 dan P3 adalah psikologis, hubungan sosial, dan lingkungan, dan pada F2 adalah hubungan sosial dan lingkungan. Terdapat perbedaan rerata domain 1, domain 2, domain 3, dan domain 4 pada lima area kerja karena memiliki nilai p < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSusihono, WahyuUNSPECIFIED
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hidup, Kuesioner WHOQOL-BREF, Pekerja Produksi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:38
Last Modified: 09 Jul 2024 12:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37980

Actions (login required)

View Item View Item