Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN RANCANGAN TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DENGAN KEBIJAKAN DEDICATED STORAGE MELALUI PENDEKATAN HEURISTIC DAN OPTIMASI (Studi Kasus : PT. BCS Logistics)

NUROHMAT, YUSUF SOLEH (2021) USULAN RANCANGAN TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DENGAN KEBIJAKAN DEDICATED STORAGE MELALUI PENDEKATAN HEURISTIC DAN OPTIMASI (Studi Kasus : PT. BCS Logistics). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Yusuf Soleh Nurohmat_3333170056 FULLTEXT-signed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Yusuf Soleh Nurohmat_3333170056 FULLTEXT-signed-1-9.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Buana Centra Swakarsa (BCS Logistics) merupakan perusahaan yang berfokus pada transportasi, pengangkutan barang, manajemen gudang, dan pengemasan industry. PT. BCS Logistics sendiri memiliki berbagai macam gudang yaitu warehousing, gudang penyimpanan bahan baku, dan gudang perawatan (maintenance). Permasalahan yang dihadapi di gudang ini yaitu tidak adanya perancangan penataan bahan baku sebelumnya, dimana peletakan bahan baku tidak teratur dan diletakkan dengan posisi yang tidak tetap. Hal ini juga menyebabkan jarak material handling menjadi lebih jauh dikarenakan terdapat proses pencarian bahan baku yang diinginkan, dimana bahan baku yang disimpan memiliki berbagai macam jenis serta ukuran yang berbeda beda. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan kebijakan dedicated storage melalui pendekatan heuristic dan optimasi. Jarak material handling minimum didapatkan sebesar 109.026 m, dengan persentasi penurunan jarak sebesar 63,78 % dihasilkan oleh software LINGO 19.0 dengan waktu kurang dari dua detik. Hasil ini menunjukkan total jarak material handling yang diperlukan dalam gudang bahan baku untuk memasukkan dan mengeluarkan seluruh bahan baku yang ada di gudang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMutaqin, Ade Irman SaefulUNSPECIFIED
Thesis advisorKulsum, KulsumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dedicated Storage, Gudang, LINGO, Material Handling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 12:12
Last Modified: 09 Jul 2024 12:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37948

Actions (login required)

View Item View Item