Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS BERDASARKAN PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI SABUN DENGAN METODE CRAFT DAN SIMULASI DI CV DUTA DHARMA

NABIEL, NAUFAL (2019) USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS BERDASARKAN PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI SABUN DENGAN METODE CRAFT DAN SIMULASI DI CV DUTA DHARMA. S1 thesis, JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Fulltext)
LAPORAN FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK & RINGKASAN.pdf

Download (189kB)

Abstract

CV Duta Dharma merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi sabun. Perusahaan ini sangat membutuhkan perencanaan kapasitas yang baik karena kemauan perusahaan untuk melakukan ekspansi produk. Penting bagi perusahaan untuk memaksimalkan kapasitas produksi dan efisiensi prosesnya. Maka dari itu dibutuhkan perancangan tata letak fasilitas untuk meningkatkan efisiensi proses produksi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Metode yang digunakan untuk mengetahui hasil rancangan tata letak bagus atau tidaknya dengan menggunakan metode CRAFT. Metode CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Technique) adalah algoritma yang mencari perancangan optimal dengan melakukan perbaikan tata letak secara bertahap. CRAFT mengevaluasi tata letak dengan mempertukarkan lokasi departemen. Pengolahan data yang dilakukan yaitu mengitung peramalan produksi sabun di tahun 2019 dengan menggunakan Winters Method lalu menghitung jarak antar pasangan titik pusat masing�masing departemen dan menyimpan hasil perhitungan tersebut dalam matriks jarak. Lalu dibuatkan simulasi menggunakan software ProModel. Pada pengolahan data dihasilkan kebutuhan sabun pada tahun 2019 sebanyak 35518.1 liter. Pada perancangan tata letak memindahkan stasiun blending menuju bagian tengah pada layout dan hasil perubahan jaraknya berkurang hingga 42,3% dan hasil menggunakan simulasi menggambarkan bahwa kondisi usulan skenario usulan 1 lebih baik daripada kondisi eksisting maupun skenario usulan 2.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKulsum, KulsumUNSPECIFIED
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CRAFT, Facility Layout, ProModel, Winters Method
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:52
Last Modified: 09 Jul 2024 08:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37934

Actions (login required)

View Item View Item