Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI EKONOMI DAN LINGKUNGAN PROYEK INDUSTRI PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS

MELIYANTI, ARFI (2022) EVALUASI EKONOMI DAN LINGKUNGAN PROYEK INDUSTRI PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
3. FILE SKRIPSI FULL_ARFI MELIYANTI_Teknik Industri(3333180018).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
4. Cover-Abstrak Bhs Inggris_Arfi Meliyanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri saat ini memungkinkan setiap perusahaan memiliki limbah atau sampah. Selain sampah yang dihasilkan oleh perusahaan, bahan dan barang bekas dapat berasal dari aktivitas manusia yaitu rumah tangga, seperti plastik yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Di provinsi Banten untuk wilayah kota Cilegon mengalami peningkatan pada timbulan sampah. Total sampah pada tahun 2019 sesar 135,211 ton dan pada tahun 2020 sebesar 136,458 ton. PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) merupakan salah satu perusahaan industri di kota Cilegon yang telah menyebarkan sampah plastik menjadi mudah teruai. PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) tersebut membina industri pengolahan sampah terpadu yang bernama IPST Asari. Pada penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan proses produksi sampah plastik low value menjadi BBM dengan menggambarkan model rantai pasok pengolahan sampah berbasis sirkular ekonomi menggunakan pendekatan sistem dinamis, dan mengetahui besarnya manfaat dan biaya yang timbul akibat usaha pengolahan sampah. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan usulan dengan memperluas wilayah menjadi 1 kelurahan yaitu kelurahan Kotabumi, kota Cilegon untuk menjadi nasabah pada IPST Asari. Hasil usulan 1 produksi sampah menjadi BBM dapat melakukan 17 kali dalam sebulan dengan asumsi memperluas wilayah pengangkutan sampah yakni di lingkungan kelurahan Kotabumi kota Cilegon, menambahkan mesin baru. Dalam analisis kelayakan menggunakan benefit cost analysis (BCA) dengan hasil ratio existing sebesar 1,656 yang dapat dikatakan proyek ini layak untuk dilaksanakan. Sedangkan hasil dari ratio usulan 1 didapatkan sebesar 5,664 yang dapat diartikan layak untuk dilaksanakan dengan penambahan jumlah penduduk dan mesin baru.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGunawan, AkbarUNSPECIFIED
Thesis advisorKuniawan, BobbyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Benefit Cost Analysis, Simulasi Pendekatan Sistem Dinamis, Sampah Plastik, Sampah Plastik Low Value
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2024 16:04
Last Modified: 08 Jul 2024 16:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37876

Actions (login required)

View Item View Item