Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN PRODUKSI KOMPONEN FITTING CORNER MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING PADA PT KRAKATAU PERBENGKELAN DAN PERAWATAN

MAYNANDA, DITYA (2021) USULAN PERBAIKAN PRODUKSI KOMPONEN FITTING CORNER MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING PADA PT KRAKATAU PERBENGKELAN DAN PERAWATAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Skripsi Aditya Maynanda_3333180021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover - Abstract.pdf

Download (765kB)

Abstract

Lean Manufacturing adalah metode sistematis untuk mengidentifikasi dan menghilangkan kegiatan yang tidak menambah nilai (Non Value Added) melalui perbaikan terus-menerus. Minimasi pemborosan merupakan hal yang penting untuk mendapatkan value stream yang baik. Pemborosan mengakibatkan tidak tercapainya target produksi berdasarkan permintaan konsumen. Identifikasi pemborosan yang dilakukan menggunakan metode Waste Assessment model (WAM) dan Value Stream Analysis Tools (VALSAT). Pemborosan yang dominan di vinalisa sebab akibat menggunakan fishbone diagram dan Failure Mode Effect and Analysis (FMEA). PT Krakatau Perbengkelan dan Perawatan membutuhkan perbaikan serta peningkatan dalam proses produksi komponen fitting corner. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pemborosan jenis dan urutan pemborosan, serta mengusulkan perbaikan yang dapat dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pemborosan dengan nilai dominan yaitu transportation. Presentasi pemborosan yang didapatkan menggunakan metode Waste Assessment Quetionnaire (WAM) didapatakan hasil akhir overproduction (17%), inventory (13%), defect (9%), motion (17%), transportation (19%), process (8%), dan waiting (17%). FMEA dilakukan setelah mengidentifikasi masalah menggunakan fishbone diagram didapatkan hasil nilai RPN tertinggi yaitu pada tata letak mesin yang berjauhan dengan nilai RPN sebesar 570. Usulan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu relayout lantai produksi. Usulan layout dari stasiun pemotongan ke stasiun pelubangan berjarak 8,1 m, sedangkan layout eksisting dari stasiun pemotongan ke stasiun pelubangan berjarak 12,8 m.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuharni, YusrainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Pemborosan, WAM, VALSAT, FMEA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2024 16:03
Last Modified: 08 Jul 2024 16:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37843

Actions (login required)

View Item View Item