Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAJIAN ETNOLINGUISTIK KULINER LOKAL DALAM RITUAL KEHAMILAN DAN KELAHIRAN DI DESA SALIRA KABUPATEN SERANG

Nadofah, Nadofah (2024) KAJIAN ETNOLINGUISTIK KULINER LOKAL DALAM RITUAL KEHAMILAN DAN KELAHIRAN DI DESA SALIRA KABUPATEN SERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS)
Nadofah_7771220005_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nadofah, 2024, “Kajian Etnolinguistik Kuliner Lokal Dalam Ritual Kehamilan dan Kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang. Tesis. Program Pendidikan Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Prof. Dr. Aceng Hasani, M.Pd., Pembimbing II Dr. Odien Rosidin, S.Pd., M.Hum. Setiap daerah tentu memiliki keanekaragaman budaya. Dengan demikian, perlu adanya pendokumentasian dalam bentuk bahasa agar dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplanasikan dan mengklasifikasikan leksikon nama makanan, alat, bahan, dan proses pembuatan, dalam tradisi kehamilan dan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang, serta mengeksplanasikan makna kultural yang terdapat dalam kuliner sebagai pelengkap tradisi kehamilan dan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang tersebut. Kualitatif Deskriptif dengan jenis etnografi dijadikan metode dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi, metode cakap, teknik dasar pancing, teknik lanjutan cakap semuka, rekam, dan catat. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) leksikon kuliner terkait dengan kehamilan berupa, leksikon nama makanan sebanyak 16 data, leksikon nama bahan sebanyak 39 data, leksikon nama alat sebanyak 33 data, dan berdasarkan proses pembuatanya, ditemukan 43 data, (2) leksikon kuliner yang terkait dengan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang berupa, leksikon nama makanan sebanyak 15 data, leksikon nama bahan sebanyak 51 data, leksikon nama alat sebanyak 34 data, dan leksikon pembuatan sebanyak 38 data. (3) makna kultural berkaitan dengan kehamilan dan kelahiran dapat berupa rasa syukur, memohon keselamatan, tolak bala, kesucian, kekompakan, dan lain sebagainya. Berdasarkan data yang telah diperoleh leksikon-leksikon tersebut berbentuk kata dan frasa, dengan kategori makanan berat, cemilan, pendamping nasi, dan minuman. Berdasarkan bahannya berupa bahan tradisional, olahan bahan tradisional, olahan pabrik dan olahan hasil laut, berdasarkan alatnya berupa buatan sendiri, buatan pabrik, dan modern, dan berdasarkan proses pembuatannya terdiri dari teknik pembuatan yang langsung menghasilkan makanan, teknik pembuatan menggunakan tangan, dan teknik pembuatan menggunakan alat. Kata Kunci : Etnolinguistik, Kehamilan, Kelahiran, Kuliner Lokal

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorRosidin, Odien19761222002121001
Additional Information: Nadofah, 2024, “Kajian Etnolinguistik Kuliner Lokal Dalam Ritual Kehamilan dan Kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang. Tesis. Program Pendidikan Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Prof. Dr. Aceng Hasani, M.Pd., Pembimbing II Dr. Odien Rosidin, S.Pd., M.Hum. Setiap daerah tentu memiliki keanekaragaman budaya. Dengan demikian, perlu adanya pendokumentasian dalam bentuk bahasa agar dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplanasikan dan mengklasifikasikan leksikon nama makanan, alat, bahan, dan proses pembuatan, dalam tradisi kehamilan dan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang, serta mengeksplanasikan makna kultural yang terdapat dalam kuliner sebagai pelengkap tradisi kehamilan dan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang tersebut. Kualitatif Deskriptif dengan jenis etnografi dijadikan metode dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi, metode cakap, teknik dasar pancing, teknik lanjutan cakap semuka, rekam, dan catat. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) leksikon kuliner terkait dengan kehamilan berupa, leksikon nama makanan sebanyak 16 data, leksikon nama bahan sebanyak 39 data, leksikon nama alat sebanyak 33 data, dan berdasarkan proses pembuatanya, ditemukan 43 data, (2) leksikon kuliner yang terkait dengan kelahiran di Desa Salira Kabupaten Serang berupa, leksikon nama makanan sebanyak 15 data, leksikon nama bahan sebanyak 51 data, leksikon nama alat sebanyak 34 data, dan leksikon pembuatan sebanyak 38 data. (3) makna kultural berkaitan dengan kehamilan dan kelahiran dapat berupa rasa syukur, memohon keselamatan, tolak bala, kesucian, kekompakan, dan lain sebagainya. Berdasarkan data yang telah diperoleh leksikon-leksikon tersebut berbentuk kata dan frasa, dengan kategori makanan berat, cemilan, pendamping nasi, dan minuman. Berdasarkan bahannya berupa bahan tradisional, olahan bahan tradisional, olahan pabrik dan olahan hasil laut, berdasarkan alatnya berupa buatan sendiri, buatan pabrik, dan modern, dan berdasarkan proses pembuatannya terdiri dari teknik pembuatan yang langsung menghasilkan makanan, teknik pembuatan menggunakan tangan, dan teknik pembuatan menggunakan alat.
Uncontrolled Keywords: Etnolinguistik, Kehamilan, Kelahiran, Kuliner Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Nadofah Nadofah
Date Deposited: 10 Jul 2024 11:45
Last Modified: 10 Jul 2024 11:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37789

Actions (login required)

View Item View Item