Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KECEMASAN TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN LA RANGKU KARYA NIDUPARAS ERLANG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

HIDAYAT, TAUFIK (2013) KECEMASAN TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN LA RANGKU KARYA NIDUPARAS ERLANG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Kecemasan Tokoh Dalam Kumpulan Cerpen LA RANGKU karya Niduparas Erlang Dan Rencana Pelaksanaan pembelajarannya di sma.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KECEMASAN TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN LA RANGKU KARYA NIDUPARAS ERLANG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA Oleh TAUFIK HIDAYAT NIM 090457 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) kenyataan bahwa dalam La Rangku karya Niduparas Erlang, bahasa sebagai piranti cerita cukup disadari, kesadaran berbahasanya cukup tinggi dalam kaitan cerpen sebagai karya sastra, sehingga ceritanya tampak hidup, bukan dihidupkan dengan bahasa pengarangnya, namun bahasa menyublim dalam bentuk cerita; (2) kenyataan bahwa pergolakan batin yang dihadirkan dalam kumpulan cerpen La Rangku tersebut menarik untuk dikaji dan dalam setiap cerpennya memiliki pelbagai tokoh yang mengalami peristiwa kecemasan tersendiri. Akhirnya hal tersebut menjadi sebuah daya tarik sendiri bagi pembaca, terutama bagi peneliti untuk dikaji. Pertanyaan penelitian yang diajukan yaitu (1) Bagaimana kecemasan tokoh direpresentasikan dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang? (2) Apakah dari penelitian kecemasan tokoh terhadap kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang dapat disusun rencana pembelajarannya di SMA?. Sedangkan Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Mendeskripsikan kecemasan tokoh yang direpresentasikan dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang dan mengetahui apakah dapat menyusun rencana pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif, yakni menunujukkan kecemasan tokoh dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang, sedangkan teknik yang digunakan ialah studi pustaka, yaitu penulis menelaah buku-buku yang berkaitan dengan psikoanalisis terutama kecemasan. Selain teknik studi pustaka, analisis isi digunakan untuk mengungkap kecemasan tokoh dalam cerpen. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang, penerbit Selasar pada November 2011, sedangkan data dalam penelitian ini adalah kecemasan dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang. Peneliti menganalisis lima dari sepuluh cerpen: Api Terus Menggelora dalam Matanya, Tarawengkal, Balon Itu Menyimpan Sisa Napasnya, Aku Harus Tidur, Purna, dan Sula. Akhirnya, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) ditemukan tiga macam kecemasan (kecemasan realistik, kecemasan neurotik, dan kecemasan moral) dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang; (2) kecemasan realistik merupakan awal dari kecemasan neurotik dan kecemasan moral dalam cerpen La i Rangku lebih dominan yang terdapat dalam kumpulan cerpen La Rangku karya Niduparas Erlang daripada kecemasan neurotik dan kecemasan moral, yakni 9 kecemasan realistik, 8 kecemasan neurotik dan 7 kecemasan moral; (3) hasil analisis kumpulan cerpen La Rangku dapat disusun menjadi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMA. KATA KUNCI: Kecemasan tokoh, Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorChussaery, Chussaery195212122003121001
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Uncontrolled Keywords: Kecemasan tokoh, Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:42
Last Modified: 27 Oct 2021 02:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item